PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK DAN KUBUS PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN II WONOKASIAN WONOAYU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yatim, Fitri Rokhani (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BALOK DAN KUBUS PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN II WONOKASIAN WONOAYU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran disekolah merupakan hal yang sangat diharapkan bagi seorang guru, orangtua murid serta masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitaspenggunaan bangun ruang dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV MI Roudlotul Muta’allimin II Wonokasian Wonoayu Sidoarjo.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dari dua siklus, tiap siklusterdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas kelas IV MI Roudlotul Muta’allimin II Wonokasian Wonoayu Sidoarjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalampengumpulan data, metode yang dipergunakan sebagai metode pokok adalah observasidan tes.
Berdasarkan hasil penelitian, meningkatkan hasil belajar matematika melaluipenggunaan media bangun ruang siswa kelas IV di MI Roudlotul Muta’allimin II Wonokasian Wonoayu Sidoarjo, dengan jumlah siswasebanyak 17 anak mengalami peningkatan hasil belajar karena pada siklus 1 siswa hanya memperoleh rata-rata kelas 64,7 dengan prosentase ketuntasan siswa belajar sebesar 52,9%. Sedangkan pada siklus selanjutnya memperoleh rata-rata kelas 83,5 dengan prosentase ketuntasan siswa belajar sebesar 82,6%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bangun ruang terbuktidapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas kelas IV MI Roudlotul Muta’allimin II Wonokasian Wonoayu Sidoarjotahun pelajaran 2014/2015.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Munawir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yatim, Fitri RokhaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Keywords: Hasil Belajar; Matematika Tentang Bangun Ruang Sederhana; Media Balok Dan Kubus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2015 07:22
Last Modified: 18 Feb 2015 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item