Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MI Attaqwa Kalanganyar Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Mauidlotul (2012) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MI Attaqwa Kalanganyar Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
isi.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai apa yang terkandung dalam tujuan Pendidikan Nasional,utamanya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, maka perlu adanya pembinaan pendidikan secara intensif bagi para siswa. Karena pembinaan secara intensif memerlukan keuletan serta waktu yang cukup lama dan pelaksanaannya secara kontinyu atau terus-menerus, mengingat waktu yang disediakan untuk pendidikan di sekolah relatif sedikit, maka tidak mustahil jika prestasi belajar siswa rendah, sedang akibat rendah minat belajar di sekolah akan berpengaruh juga pada prestasi siwa. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis ingin mengetahui bentuk bimbingan orang tua terhadap anaknya, prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran, juga untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peranan bimbingan orang tua terhdap prestasi belajar. Selajutnya penelitian ini diberi judul “Pengaruh Bimbingan Orang, tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 pada Mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI AT-TAQWA di Kalangannyar Karanggeneng Lamongan.”Dengan mengkaji pustaka yang berdasarkan rumusan masalah, maka akan dikaji beberapa teori yang mendukung permasalahan yang sedang diteliti, peneliti mengangkat hipotesis; ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MI AT-TAQWA kalanganyar Karanggeneng Lamongan. Untuk memperoleh data yang diperlukan sebagai bahan penelitian, maka penulis menggunakan metode: observasi, Interview, angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 di MI AT-TAQWA Kalanganyar Karanggeneng Lamongan berjumlah 254 siswa dan diambil sampel sebanyak 35 siswa, juga termasuk orang tua siswa dari masing-masing responden. Penelitian ini menggunakan analisis statistik product moment dengan tehnik analisis data menggunakan tehnik prosentasi sesuai dengan penelitian ini termasuk jenis komparasi atau korelasi, dimana bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan dan bila ada seberapa erat hubungan, serta berarti tidaknya hubungan itu. Berdasarkan data yang ada pada obyek penelitian setelah dilakukan analisis statistik product moment diperoleh nilai ro(r hitung)0,916. sedangkan rt(r label) 0,304 maka taraf signifikan 5% dan 0,393 pada taraf signifikan 1% yang berarti hipotesa alternatif di setujui dan hipotesa nihil di tolak. dengan demikian berarti ada korelasi positif antara bimbingan orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI AT-TAQWA Kalanganyar Karanggeneng Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Mauidlotul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Bimbingan Orang tua; prestasi belajar; Aqidah Akhlaq
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2012
Last Modified: 29 Dec 2017 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9858

Actions (login required)

View Item View Item