Studi komparasi antara siswa mukim dan siswa tidak mukim di pesantren terhadap prestasi belajar di MTs. Al Fatich Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shodiq, Achmad (2012) Studi komparasi antara siswa mukim dan siswa tidak mukim di pesantren terhadap prestasi belajar di MTs. Al Fatich Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Shodiq_D51208001 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari pendidikan agama Islam yaitu untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang. Berdasarkan tujuan pendidikan agama islam tersebut, proses pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Oleh karena itu, berbagai lembaga pendidikan melakukan inovasi-inovasi terhadap proses pembelajarannya, diantaranya adalah lembaga pendidikan dalam pesantren yang mempunyai sebuah kurikulum perpaduan antara pendidikan keagamaan secara mendalam dengan pendidikan nasional yang banyak terfokus pada ilmu duniawi. Dan pendidikan dalam pesantren lebih banyak diikuti oleh siswa yang juga menjadi santri dalam pesantren tersebut. Dalam perjalanannya, pendidikan dalam pesantren tidak hanya diikuti oleh siswa yang berdomisili di pesantren tapi juga siswa yang tidak berdomisili di pesantren seperti warga sekitar pesantren dan lainnya. Dari beberapa macam latar belakang siswa tersebut, prestasi belajar siswapun bermacam-macam. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimanakah prestasi belajar siswa MTs Al Fatich yang mukim di pesantren?, (2) Bagaimanakah prestasi belajar siswa MTs Al Fatich yang tidak mukim di pesantren?, (3) Apakah ada perbedaan prestasi belajar antara santri yang mukim dengan santri yang tidak mukim di MTs Al Fatich?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menganalisis dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, angket dan dokumentasi dan kemudian di komparasikan menggunakan rumus t.tes. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Siswa MTs Al Fatich yang mukim di pesantren memiliki prestasi belajar yang baik, hasil tersebut dapat dilihat dari mean atau rata-rata nilai sebesar 80,60 , (2) Siswa MTs Al Fatich yang tidak mukim di pesantren memiliki prestasi belajar yang juga cukup baik, hasil tersebut dapat dilihat dari mean atau rata-rata nilai sebesar 74,49, (3) tidak terdapat perbedaan Prestasi belajar siswa yang mukim di pesantren dengan siswa yang tidak mukim di pesantren, hal tersebut dapat diketahui dari observasi nilai raport semester ganjil, dari data nilai raport tersebut peneliti menganalsis menggunakan pendekatan statistik dengan tehnik hitungan komparasi, dari beberapa tahapan penghitungan dengan tehnik komparasi ini dapat diketahui bahwa siswa yang mukim di pesantren memiliki rata-rata nilai sebesar 80,60 dan siswa yang tidak mukim di pesantren memiliki ratarata nilai yang lebih rendah yakni 74,49, kemudian dari hasil penghitungan diketahui bahwa terdapat derajat perbedaan/d.b = 74. Dan derajat perbedaan/d.b = 74 pada taraf signifikan 5% adalah 2,00 dan 1% adalah 2,65. Dari analisa data yang menggunakan rumus t.tes didapatkan bahwa dari hasil to (t. kerja) diperoleh hasil 1,37 sedangkan t.t (t. tabel) adalah 2,00 dan 2,65 maka to dinyatakan lebih kecil dari t.t. Dengan demikian Hipotesis kerja (Ha) ditolak, sedangkan Hipotesis nihil (Ho) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shodiq, AchmadUNSPECIFIEDD51208001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChanna, LiliekUNSPECIFIED2018126701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Keywords: Siswa mukim; siswa tidak mukim; pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2012
Last Modified: 04 Dec 2023 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9872

Actions (login required)

View Item View Item