Pengembangan Tes Performance dalam PAI Berbasis CTL Kelas V SDI Aisyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fidiqsa, Moh. Dwi (2012) Pengembangan Tes Performance dalam PAI Berbasis CTL Kelas V SDI Aisyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Dwi Fidiqsa_D31208034.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9880

Abstract

Evaluasi adalah salah satu rangkaian dalam proses pembelajaran yang terakhir dan yang terpenting. Evaluasi yang sering dilaksanakan guru pada umumnya adalah untuk menguji kemampuan siswa secara kognisif saja, padahal masih ada ranah lain yakni afektif dan psikomorik. Salah satu alat tes dalam ranah psikomotorik adalah tes performance. Sedangkan dalam penyampaian materi ajar khususnya dalam Pendidikan Agama Islam, pemilihan strategi pembelajaran juga sangat mempengaruhi. Dalam hal ini strategi CTL adalah yang tepat dengan mengkaitkan fenomena kehidupan dengan materi yang sedang dijarkan demi kefahaman siswa yang maksimal. Penelitian ini memfokuskan kajiannya pada tiga rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan tes performance yang dilakukan guru PAI kelas V SDI Aisyah Surabaya?, 2) Bagaimana penerapan strategi CTL yang dilaksanakan guru PAI kelas V pembelajaran PAI di sekolah? , dan 3) Bagaimana pengembangan tes performance dalam PAI berbasis CTL kelas V di SD Islam Aisyah Surabaya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif- fenomenologis-naturalistik. Sumber data primernya adalah guru Pendidikan Agama Islam kelas V SDI Aisyah Surabaya. Sedangkan data sekundernya adalah kepala sekolah, wali kelas V dan siswa serta karyawan sekolahyang ada relevansinya dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dianalisis dengan metode induktif. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan tes performance yang dilaksanakan guru PAI kelas V SDI Aisyah Surabaya disesuaikan dengan materi atau kompetensi yangingin dicapai seperti hafalan, praktek salat, baca dan tulis Al-Quran. Pelaksanaan strategi CTL yang dilakukan guru PAI kelas V SDI Aisyah Surabaya dengan membuat permasalahan yang terjadi di sekitar siswa yang terkait dengan materi yang diajarkan. Pengembangan tes performance dalam PAI berbasis CTL kelas V SDI Aisyah Surabaya adalah menggunakan drama dari isi kandungan surat Al-Ma’un dengan skenario yang sesuai dengan fenomena yang sering terjadi di masyarakat , seperti orang kaya yang kikir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fidiqsa, Moh. DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Tes Performance; Pendidikan Agama Islam; Contextual Teaching; Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2012
Last Modified: 16 May 2019 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item View Item