Korean Pop Culture dan Life Style: studi pada mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kummala, Noor (2012) Korean Pop Culture dan Life Style: studi pada mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noor Kumala_B06208104.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana persepsi mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya tentang Korean Pop Culture, (2) Bagaimana Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya Mengartikulasikan Korean Pop Culture sebagai life style, (3) Simbol-simbol
komunikasi apa saja yang digunakan mahasiswa IAIN Sunan Ampel dalam mengartikulasikan Korean Pop Culture sebagai life style. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif dengan pendekatan etnografi komunikasi yang memusatkan perhatiannya pada pemahaman audiens media yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai Korean Pop Culture dan Life Style, kemudian data tersebut dianalisis secara kritis, sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang Korean Pop Culture dan Life Style (studi pada Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya). Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Mahasiswa IAIN Sunan Ampel memberikan persepsi budaya pop Korea merupakan sebuah tool yang membangkitkan mood ketika ia merasa bosan, sedih, stress, marah dan sendiri ditengah hiburan lokal yang tidak asyik. (2) Dari persepsi tersebut menghasilkan kegemaran mahasiswa IAIN pada budaya pop Korea yang begitu luas, dan dapat dikategorikan sebagai berikut; penggemar yang menyukai drama Korea, film Korea, musik Korea, reality show Korea. Kegemaran tersebut diartikulasikan oleh mahasiswa kedalam berbagai hal di keseharian mereka, diantaranya gaya berpakaian, gaya makan ala Korea, pemilihan produk dll.amun tiap subjek memiliki tingkatan yang berbeda dalam mengadopsi budaya pop Korea. Dalam pengartikulasian momen-momen produksi yang mereka lakukan masih pada batas sewajarnya untuk seorang muslim dan masyarakat Indonesia. (3) Intensitas menonton tayangan hiburan Korea yang tinggi membuat para pecinta Korean pop culture menjadi akrab dengan percakapan bahasa Korea(hangeul) dan hafal beberapa kosakatanya serta diterapkan dalam pergaulan sehari-hari diantara sesama penggemar budaya ini. Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi peningkatan kualitas produk hiburan Indonesia (1) Untuk para produser program televisi, agar mengurangi tayangan sinetron dengan episode yang terlalu berlebihan. Dengan menampilkan tayangan kreatif yang simpel dengan jalan cerita yang masuk akal, berbobot, ringan, fun dan fresh serta dengan sinematografi yang indah tentunya akan mendatangkan sambutan yang baik juga untuk khalayak luas yang haus akan tontonan berkualitas dan asyik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kummala, NoorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan
Komunikasi Islam > Komunikasi
Keywords: Budaya Pop; Gaya Hidup; Korean Pop Culture
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2012
Last Modified: 04 Apr 2019 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9890

Actions (login required)

View Item View Item