eprintid: 82758 rev_number: 20 eprint_status: archive userid: 87984 dir: disk01/00/08/27/58 datestamp: 2025-09-03 03:11:46 lastmod: 2025-09-03 03:11:46 status_changed: 2025-09-03 03:11:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Karina, Maulidiawati Anggi creators_id: lidiaanggi17@gmail.com creators_NIM: D97217102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nadlir, Nadlir contributors_name: Chasanah, Uswatun contributors_id: nadlir@uinsby.ac.id contributors_id: uswatunchasanah@uinsby.ac.id contributors_NIDN: 2022076802 contributors_NIDN: 89878786 title: Peran guru dalam menanamkan karakter disiplin di kelas VI SD inovatif al-wahyu rewwin Sidoarjo ispublished: unpub subjects: dsr divisions: tar_pgmi full_text_status: restricted keywords: Peran guru; karakter; kedisiplinan abstract: Penelitian ini dilakukan dari hasil observasi karena kurangnya kedisiplinan peserta didik. Kedisiplinan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik. Dalam hal ini peran guru sangat penting dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui apa peran guru dalam menanamkan karakter disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripikan peran guru dan factor pendukung serta faktor penghambat dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dan observasi sebelum penelitian dilakukan. Kedisiplinan siswa terbentuk karena peran kepemimpinan guru yang secara tepat menerapkan disiplin di sekolah. Guru juga memiliki peran sebagai suri tauladan dalam pelaksanaan disiplin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan langkah reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Objek penelitian adalah peran guru dalam menanamkan sikap disiplin siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik adalah guru berperan sebagai suri tauladan, pembimbing, dan motivator., 2)Faktor pendukung untuk menanamkan karakter disiplin yaitu: adanya kontrol dari kepala sekolah sekolah, pemberian hadiah sebagai apresiasi, hukuman sebagai sanksi, dukungan masyarakat, dan kesadaran peserta didik. Sedangkan faktor penghambat untuk menanamkan karakter disiplin yaitu: peran keluarga atau orang tua peserta didik yang masih kurang, kurangnya minat atau kesadaran peserta didik, serta lingkungan dan tempat bermain date: 2024-05-23 date_type: published pages: 110 institution: UIN Sunan Ampel Surabaya department: S1 - PGMI thesis_type: undergraduate citation: Karina, Maulidiawati Anggi (2024) Peran guru dalam menanamkan karakter disiplin di kelas VI SD inovatif al-wahyu rewwin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. document_url: http://digilib.uinsa.ac.id/82758/1/Maulidiawati%20Anggi%20Karina_D97217102.pdf document_url: http://digilib.uinsa.ac.id/82758/2/Maulidiawati%20Anggi%20Karina_D97217102_Full.pdf