%I UIN Sunan Ampel Surabaya %T Pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo %D 2025 %X Gaya mengajar guru merupakan variabel yang sangat menarik untuk dikaji karena gaya mengajar guru menjadi faktor yang penting dalam mempengaruhi minat belajar peserta didik. Gaya mengajar guru penting untuk di dalami dan dipelajari oleh Guru karena dapat membantu siswa untuk lebih berminat terhadap pelajaran yang sedang diajarkan sehingga siswa pun dengan lebih mudah memahami pelajaran tersebut. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengeksplorasi hubungan Gaya mengajar guru terhadap Minat belajar peserta didik. Pendekatan yang dipakai adalah kuantitatif deskriptif. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 63 dengan teknik pengumpulan sampel snowball sampling atau sampel jenuh. Serta menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dengan desain rancangan penelitian korelasi. Dibantu dengan program Smart-PLS 4.1.0 Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa gaya mengajar guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa Hal ini dibuktikan dengan data di penelitian ini yang menunjukkan bahwa dengan nilai t-statistik 24,760 > 1,96 atau nilai-P 0,000 < 0,05, Gaya mengajar guru secara signifikan memengaruhi Minat belajar peserta didik sebesar 0,901. %K Gaya mengajar guru; minat belajar peserta didik %L repository83897 %A Mohammad Afrizal Azuma