eprintid: 83897 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 88832 dir: disk01/00/08/38/97 datestamp: 2025-09-08 04:07:18 lastmod: 2025-09-08 04:07:18 status_changed: 2025-09-08 04:07:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azuma, Mohammad Afrizal creators_id: alazumma123@gmail.com creators_NIM: 06020721051 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Chasanah, Uswatun contributors_name: Musthofa, M. Bahri contributors_id: uswatunchasanah@uinsby.ac.id contributors_id: bahri.musthofa007@gmail.com contributors_NIDN: 89878786 contributors_NIDN: 2022077302 title: Pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo ispublished: unpub subjects: GU subjects: P subjects: dsr divisions: tar_pgmi full_text_status: restricted keywords: Gaya mengajar guru; minat belajar peserta didik abstract: Gaya mengajar guru merupakan variabel yang sangat menarik untuk dikaji karena gaya mengajar guru menjadi faktor yang penting dalam mempengaruhi minat belajar peserta didik. Gaya mengajar guru penting untuk di dalami dan dipelajari oleh Guru karena dapat membantu siswa untuk lebih berminat terhadap pelajaran yang sedang diajarkan sehingga siswa pun dengan lebih mudah memahami pelajaran tersebut. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengeksplorasi hubungan Gaya mengajar guru terhadap Minat belajar peserta didik. Pendekatan yang dipakai adalah kuantitatif deskriptif. Sampel yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 63 dengan teknik pengumpulan sampel snowball sampling atau sampel jenuh. Serta menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Dengan desain rancangan penelitian korelasi. Dibantu dengan program Smart-PLS 4.1.0 Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa gaya mengajar guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa Hal ini dibuktikan dengan data di penelitian ini yang menunjukkan bahwa dengan nilai t-statistik 24,760 > 1,96 atau nilai-P 0,000 < 0,05, Gaya mengajar guru secara signifikan memengaruhi Minat belajar peserta didik sebesar 0,901. date: 2025-06-18 date_type: published pages: 97 institution: UIN Sunan Ampel Surabaya department: S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah thesis_type: undergraduate citation: Azuma, Mohammad Afrizal (2025) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. document_url: http://digilib.uinsa.ac.id/83897/2/Mohammad%20Afrizal%20Azuma_06020721051.pdf document_url: http://digilib.uinsa.ac.id/83897/3/Mohammad%20Afrizal%20Azuma_06020721051_Full.pdf