This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Huda, Miftahul (2013) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS METODE RESITASI DENGAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP AL-ISLAH GUNUNG ANYAR SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (697kB) | Preview |
Abstract
Kedudukan metode pembelajaran yang variatif menimbulkan opsi-opsi yang multi intervensi dalam aplikatif transformasi dalam sebuah pembelajaran yang tidak lepas dengan banyaknya potensi yang ada dalam peserta didik dalam sebuah lembaga formal, sehingga pluralisasi metode sangat urgent dalam memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan pendidikan termasuk pemilihan metode harus melibatkan peserta didik yang dalam hal ini sebagai pelaku pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbandingan metode resitasi terhadap prestasi siswa begitu pula metode lain yang dalam hal ini penulis angkat yakni metode ceramah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistic product moment. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan jenis sampel kuota dan sampelnya adalah siswa kelas VIII yang sebanyak 39 siswa. Variabel X terdiri dari metode resitasi dan variable Y terdiri dari metode ceramah.
Adapun Untuk memberi interpretasi terhadap to kita melihat derajat bebas (db) atau degrees of freedom (df) nya, rumus db = N-1, dari data kelompok N =39, maka db = 39-1 = 38, dengan db 39 kita konsultasikan dengan T-test tabel, ternyata tidak ada, maka yang paling dekat dengan db = 39 adalah db = 38, dan didapatkan dengan taraf signifikan 5% sebagai berikut:
Taraf signifikansi 1 % ttable = 1,70 Taraf signifikansi 5 % ttable = 2,04. Dari nilai konsultasi dengan tabel ttable dan to ternyata hasil to lebih besar dari pada t-tabel baik taraf signifikansi 1 % maupun 5 % atau 1,70 2,04 4,163. Karena nilai to lebih besar maka, hipotesis nihil yang ditawarkan ditolak.
Dengan demikian berarti bahwa harga to adalah kesimpulan hasil penelitian, bahwa hipotesis nihil yang ditawarkan ditolak, berarti ada perbedaan yang signifikan antara metode resitasi dengan metode ceramah.
Yang berarti hipotesis nihil berbunyi tidak ada perbedaan antara efektifitas metode resitasi dengan metode ceramah ditolak sebab (to = 4,163) (ts 0,01 = 1,70) atau (to = 4,163) (ts 0,05 = 2,04).
Sedang Ha diterima dengan kata lain ada perbedaan yang tinggi antara efektifitas metode resitasi dengan metode ceramah dalam pembelajaran PAI di SMP Al-Islah Gunung Anyar Surabaya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Rubaidi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Metode Resitasi; Metode Ceramah; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2015 06:59 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10902 |
Actions (login required)
View Item |