This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohma, Dyah Arifatur (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI DENGAN HANDS ON ACTIVITY DI SMP NEGERI 1 GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (766kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Geometri adalah salah satu pelajaran yang sering dianggap sulit, sehingga diharapkan dengan proses pembelajaran yang menyenangkan peserta didik lebih tertarik terhadap materi geometri dan matematika secara keseluruhan.
Agar pembelajaran lebih bermakna, maka diperlukan suatu proses pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar. Guru sebagai faktor penting dalam suatu proses pembelajaran, diharapkan mampu membuat siswa
menemukan suatu konsep dengan kegiatan dan pemikiran mereka sendiri agar konsep tersebut lebih diserap dan diingat dalam waktu lama. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menerapkan model hands on activity. Hands on activity adalah suatu model yang dirancang untuk melibatkan siswa dalam menggali informasi dan bertanya, beraktivitas dan menemukan, mengumpulkan data dan menganalisis serta membuat kesimpulan sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan perangkat pembelajaran materi geometri dengan hands on activity dan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari segi teoritis dan empiris. Segi teoritis dilihat dari construct validity dan content validity sedangkan segi empiris dilihat dari hasil belajar siswa yang diambil di sekolah SMP Negeri 1 Gresik.
Pengembangan perangkat pembelajaran materi geometri dengan hands on activity menggunakan langkah-langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono dan Sukmadinata yang telah dimodikasi menjadi tiga tahapan yaitu survei lapangan, pengembangan perangkat, validasi dan uji coba terbatas. Pembelajaran yang dikembangkan meliputi perangkat pembelajaran, diantaranya RPP, dan LKS. Uji coba dilakukan pada 29 siswa kelas IX SMP Negri 1 Gresik Data penelitian dianalisis dan diperoleh data sebagai berikut: RPP
dinyatakan layak ditinjau dari construct validity dengan rata-rata penilaian 80%.
LKS dinyatakan layak ditinjau dari construct validity dengan rata-rata penilaian 80,33%. RPP dinyatakan sangat layak ditinjau dari content validity dengan ratarata
penilaian 83,70%. LKS dinyatakan sangat layak ditinjau dari content validity dengan rata-rata penilaian 83,50%, dan tes hasil belajar siswa tergolong tuntas karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 84,5%
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Yuni Arrifadah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Geometri; Metode Pembelajaran; Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2015 01:43 | ||||||
Last Modified: | 29 Sep 2015 01:43 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2305 |
Actions (login required)
View Item |