Identifikasi tumor pada Otak menggunakan Descrete Wavelet Transform (DWT) dan Artificial Neural Network (ANN)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salamah, Endah Nur (2018) Identifikasi tumor pada Otak menggunakan Descrete Wavelet Transform (DWT) dan Artificial Neural Network (ANN). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Endah Nur Salamah_H72214007.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Glioma atau tumor otak merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan diderita oleh banyak orang diseluruh dunia. Pada tahun 2016 lembaga kesehatan dunia World Health Organization (WHO) mencatat sebanyak 6,2 juta penduduk dunia menderita tumor otak (glioma). Berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya pemeriksaan glioma dengan menggunakan alat yaitu salah satunya Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang kemudian hasil citra MRI otak akan di analisis atau didiagnosis oleh seorang dokter ahli akan tetapi terkadang hasil analisis dokter masih bersifat subjektif dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Citra yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra MRI otak (normal dan glioma). Tahapan-tahapan yang akan dilakukan yaitu perbaikan citra (grayscale, cropping, adaptive histogram equalization, median filter), segmentasi citra menggunakan threshold otsu, ekstraksi citra menggunakan transformasi wavelet diskrit (Discrete Wavelet Transform) haar dengan fitur yang diambil adalah energi, standar deviasi dan mean (rata-rata), kemudian klasifikasi menggunakan ANN (backpropagation) yang akan di identifikasi kedalam dua kelas yaitu Normal dan tumor otak (glioma). Berdasarkan hasil klasifikasi dari backpropagation dengan struktur yang telah ditentukan yaitu 25 hidden layer, level dekomposisi sebanyak 4, tingkat kesalahan MSE sebesar 0,0000999 dan menghasilkan nilai akurasi terbaik sebesar 91,67%, sensitivitas sebesar 100%, dan spesifitas sebesar 85,71%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salamah, Endah Nurendahnursalamah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Glioma (Tumor Otak), Descrete Wavelet Transform (DWT), Artificial Neural Network (ANN)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Salamah Endah Nur
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:54
Last Modified: 08 Aug 2018 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26571

Actions (login required)

View Item View Item