Korelasi antara usia anak prasekolah dengan kemampuan anak mengenal angka dan huruf di taman kanak-kanak Annur Semolowaru Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ellizzah, Diana Ledy (2019) Korelasi antara usia anak prasekolah dengan kemampuan anak mengenal angka dan huruf di taman kanak-kanak Annur Semolowaru Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Diana Ledy Ellizzah_D98215051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam mengenal angka dan huruf di TK-Annur Semolowaru Surabaya, serta banyaknya anak yang sekolah dengan usia kurang dari 4 tahun, sedangkan usia untuk jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) yaitu, (4-6 Tahun). Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara usia anak prasekolah dengan kemampuan anak mengenal angka dan huruf di Taman Kanak-kanak Annur Semolowaru Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Subjek yang digunakan pada pnelitian ini sebanyak 26 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan angket berupa reting skill. Observasi digunakan untuk mengetahui berapa usia awal anak masuk sekolah, sedangkan angket digunakan untuk mengukur kemampuan anak mengenal angka dan huruf di TK-Annur Semolowaru Surabaya. Instrumen yang diberikan berupa angket sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reabilitas, untuk kemampuan anak mengenal angka dan huruf diperoleh 6 soal yang valid dan reabilitasnya sebesar 0,635. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi spearman dengan menerapkan teknik perhitungan program komputer Statistical Product And Service Solution (SPSS) 21.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara usia anak prasekolah dengan kemampuan anak mengenal angka dan hurf di TK-Annur Semolowaru Surabaya. Hasil analisi data korelasi spearman, dengan diperoleh korelasi hasil rhitung sebesar 0,234 untuk kemampan mengenal angka dan 0,104 untuk kemampan mengenal huruf. Pada taraf Signifikan 0,05 didapatkan hasil 0,251 > 0,05 dan untuk kemampuan anak mengenal angka sebesar 0,614 > 0,05. Jadi dapat dismpulkan tidak ada hubungan antara usia anak prasekolah dengan kemampuan mengenal angka dan huruf

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ellizzah, Diana Ledydianaledy10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Kemampuan Anak Mengenal Angka; Mengenal Huruf; Usia Prasekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Ellizzah Diana Ledy
Date Deposited: 22 Apr 2019 01:23
Last Modified: 22 Apr 2019 01:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31587

Actions (login required)

View Item View Item