Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berstandar Cambridge Assessment International Education (CAIE) ditinjau dari berpikir kritis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Delia Safira (2019) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika berstandar Cambridge Assessment International Education (CAIE) ditinjau dari berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Delia Safira Rahmah_D74215036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan dalam menemukan jalan keluar atau jawaban dengan melakukan beberapa tahapan tertentu serta pemahaman berpikir yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berstandar Cambridge siswa yang berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari enam siswa yang menjawab benar dari kelas IX-1 MTs Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Data dari tes tertulis dan wawancara dianalisis sesuai dengan indikator berpikir kritis, selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan deskripsi dan analisis data, menunjukkan bahwa siswa kategori berpikir kritis tinggi dalam pemecahan masalah matematika berstandar Cambridge, mampu memahami masalah, merencanakan dan melaksanakan pemecahan masalah, serta memeriksa kembali pemecahan masalah. Siswa kategori berpikir kritis sedang dalam pemecahan masalah matematika berstandar Cambridge, cenderung kurang mampu dalam memeriksa kembali pemecahan masalah, namun mampu memahami masalah, merencanakan dan melaksanakan pemecahan masalah. Siswa kategori berpikir kritis rendah dalam pemecahan masalah matematika berstandar Cambridge, cenderung kurang mampu dalam mengungkapkan perencanaan dan dalam memeriksa kembali pemecahan masalah, namun mampu memahami dan melaksanakan pemecahan masalah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Delia Safiradeliasafira93@gmail.comD74215036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: Pemecahan Masalah Matematika;Cambridge Assessment International Education; Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Delia Safira Rahmah
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:06
Last Modified: 08 Jan 2020 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38803

Actions (login required)

View Item View Item