Implementasi simulated annealing algorithm untuk penyelesaian vehicle routing problem

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darina, Sururin (2020) Implementasi simulated annealing algorithm untuk penyelesaian vehicle routing problem. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sururin Darina_H06216025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sakinah supermarket merupakan koperasi milik Pondok Pesantren Hidayatullah Jawa Timur. Sakinah supermarket bermula dari kegiatan usaha koperasi yang dirintis tahun 1991. Hingga saat ini, sakinah supermarket memiliki total 21 cabang yang tersebar di beberapa kota yang ada di Jawa Timur. Cabang terbanyak berada di kota Surabaya yaitu sebanyak 16 cabang dan cabang lainnya yang berada di luar kota Surabaya. Banyaknya lokasi dan permintaan cabang sakinah supermarket menimbulkan masalah optimasi rute distribusi dan muatan truk yang biasa disebut dengan vehicle routing problem (VRP). Dalam penelitian ini masalah VRP akan diselesaikan dengan bantuan simulated annealing algorithm (SA). SA membantu VRP dalam pemilihan squance berdasarkan biaya terendah yang digunakan. Parameter-parameter yang digunakan dalam perhitungan SA telah dipilih dan diuji sehingga mendapatkan nilai yang mendekati optimal. Parameter yang digunakan adalah To= 5000, α= 0,55 dan T1=1. SA yang telah dihitung dibandingkan efektifitasnya dengan keadaan awal sehingga mendaptkan penurunan biaya hingga 30%, penurunan waktu tempuh hingga 30% dan penurunan jarak tempuh hingga 17%. Setelah itu efektifitas SA dibandingkan pula dengan algoritma lain yakni genetic algorithm (GA) yang telah diuji parameternya. Dari pengujian tersebut menunjukkan bahwa SA lebih unggul daripada GA. Untuk perbandingan biaya SA lebih unggul hingga 21%, perbandingan jarak SA lebih unggul hingga 21% dan untuk perbandingan waku tempuh SA lebih unggul hingga 8%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darina, Sururinsururindarina378@gmail.comH06216025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorRIdwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: sakinah supermarket; simulated annealing algorithm; vehicle routing problem; genetic algorithm.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sururin Darina
Date Deposited: 18 Aug 2020 23:22
Last Modified: 18 Aug 2020 23:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42785

Actions (login required)

View Item View Item