This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mahmudah, Uut (2021) Analisis kualitas respon peserta didik dalam menyelesaikan masalah Open Start mengacu pada Taksonomi SOLO dibedakan dari tingkat Adversity Quotient. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Uut Mahmudah_D74214047.pdf Download (1MB) |
Abstract
Respon peserta didik adalah hasil dari peserta didik dalam mengerjakan penyelesaian masalah. Kualitas respon peserta didik dalam menyelesaikan masalah dapat diklasifikasikan dengan taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO mengklasifikasikan respon peserta didik dibagi menjadi 5 tingkatan yaitu: prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Peneliti akan menggunakan kelima level kategori dalam taksonomi SOLO untuk menelaah respon peserta didik dalam memecahkan masalah open-start pada materi lingkaran. Daya juang setiap peserta didik dalam memecahkan masalah berbeda-beda. Perbedaan tersebut ditentukan oleh tingkat adversity quotient (AQ). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon peserta didik quitter, camper dan climber dalam menyelesaikan masalah open-start mengacu pada taksonomi SOLO.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Al-Azhar Menganti yang dibedakan pada tiga kategori adversity quotient, yaitu: quitter, camper, dan climber. Dari 27 peserta didik diambil 6 peserta didik sebagai subjek penelitian dengan ketentuan 2 peserta didik subjek quitter, 2 peserta didik subjek camper dan 2 peserta didik subjek climber. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara berbasis tugas. Hasil dari analisis data pada penelitian ini adalah mengklasifikasikan respon masing-masing subjek berdasarkan level pada taksonomi SOLO yaitu, prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional dan extended abstract.Setelah data hasil penelitian dianalisis, maka diketahui bahwa respon subjek quitter dalam memecahkan masalah open-start dengan indikator yang terpenuhi adalah peserta didik mampu memahami masalah dengan menyebutkan informasi yang ada pada soal. Sehingga berdasarkan taksonomi SOLO berada pada level prastruktural. Respon subjek camper dalam memecahkan masalah open-strat dengan indikator yang terpenuhi adalah peserta didik mampu memahami masalah dengan menggunakan dua informasi yang bersifat terpisah. Sehingga berdasarkan taksonomi SOLO berada pada level multistruktural. Sedangkan respon subjek climber dalam memecahkan masalah open-strat dengan indikator yang terpenuhi adalah peserta didik mampu menghubungkan dari beberapa penyelesaian masalah dan dapat menjelaskan hubungan-hubungan tersebut. Sehingga berdasarkan taksonomi SOLO berada pada level relasional
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Respon; Taksonomi SOLO; Adversity Quotient; Masalah Open Start. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Uut Mahmudah | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2022 09:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Feb 2022 09:52 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52251 |
Actions (login required)
View Item |