Klasifikasi kanker paru berdasarkan citra histopatologi menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) model AlexNet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfa, Irkhana Indaka (2022) Klasifikasi kanker paru berdasarkan citra histopatologi menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN) model AlexNet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irkhana Indaka Zulfa_H72218023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kanker paru menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia maupun di Indonesia karena diagnosis kanker. Upaya untuk mengatasi masalah ini perlu dilakukan pemeriksaan dini, salah satunya dengan prosedur bronkoskopi. Saat ini, sistem Computer-Aided Diagnosis (CAD) banyak digunakan pada bidang kedokteran untuk membantu mendiagnosis penyakit kanker. Pada penelitian ini digunakan metode Convolutional Neural Networks (CNN) model AlexNet untuk membentuk sistem klasifikasi kanker paru berdasarkan citra histopatologi. CNN merupakan salah satu algoritma Deep Learning dengan kinerja yang bagus untuk klasifikasi data citra, sedangkan AlexNet merupakan model jaringan CNN yang memenangkan kompetisi ILSVRC 2012. Pada penelitian ini menggunakan 3 kelas, yaitu benign lung tissue, lung adenocarcinoma dan lung squamous cell carcinoma. Pada penelitian ini didapatkan model yang paling optimal dengan presentase akurasi, sensitivitas dan spesitifitas sebesar 99%, 99% dan 99% pada pembagian data 80:20, batch size sebesar 64 serta nilai probabilitas dropout 0.5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfa, Irkhana Indakairkhanaindakazulfa@gmail.comH72218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.id2024118502
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakim@uinsby.ac.id197312252006041001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Teknologi
Keywords: AlexNet; CNN; Deep Learning; Kanker paru.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Irkhana Indaka Zulfa
Date Deposited: 16 Apr 2022 15:19
Last Modified: 16 Apr 2022 15:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52858

Actions (login required)

View Item View Item