Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay) untuk meningkatkan hasil belajar materi bilangan bulat kelas VI MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umami, Dawil Ulyatul (2022) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay) untuk meningkatkan hasil belajar materi bilangan bulat kelas VI MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dawil Ulyatul Umami_D97218077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian Sidoarjo pelajaran Matematika materi bilangan bulat. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan pada guru kelas diketahui bahwa metode dan model pembelajaran yang digunakan pada KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) selama ini kurang bervariasi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga peneliti melakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay) dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi bilangan bulat mata pelajaran Matematika kelas VI MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian. 2) peningkatan hasil belajar siswa kelas VI MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian pada materi bilangan bulat mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang dilakukan dengan dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Nurul Huda Sedenganmijen Krian yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay) dilakukan dengan optimal, ditunjukkan dengan adanya hasil observasi guru pada siklus I sebesar 70,2 (cukup) meningkat menjadi 93,75 (sangat baik) pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 72,2 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 92,6 (sangat baik) pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay). Dilihat dari data pra siklus yang diperoleh, rata-rata nilai yaitu 71,8 dengan persentase 39,4%. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai yaitu 74,5 dan persentase ketuntasan mencapai 57,6%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan nilai rata-rata kelas 82,1 dan nilai persentase ketuntasan yaitu 84,8%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umami, Dawil Ulyatuld97218077@uinsby.ac.idD97218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course Review Horay); peningkatan hasil belajar; bilangan bulat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DAWIL ULYATUL UMAMI
Date Deposited: 02 Nov 2022 04:23
Last Modified: 02 Nov 2022 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57716

Actions (login required)

View Item View Item