Topic modeling skripsi program studi sistem informasi menggunakan kombinasi bertopic dan indosbert

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riyantoni, Nur Huda (2024) Topic modeling skripsi program studi sistem informasi menggunakan kombinasi bertopic dan indosbert. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Huda Riyantoni_09020620037 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 June 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Nur Huda Riyantoni_09020620037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu program studi tingkat sarjana yang populer di kalangan mahasiswa di Indonesia. Dalam menyelesaikan Program Studi tingkat sarjana salah satu syaratnya adalah menyelesaikan skripsi. Bersamaan dengan berjalannya waktu, jumlah dokumen skripsi yang telah dihasilkan mahasiswa program studi sistem informasi semakin meningkat. Banyaknya skripsi yang dihasilkan tentunya akan memakan waktu pembaca untuk mengidentifikasi topik yang ada dalam skripsi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penerapan topic modeling untuk mengidentifikasi berbagai topik yang ada dalam kumpulan skripsi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui topik penelitian skripsi mahasiswa program studi sistem informasi. Pada penelitian ini, topic modeling dilakukan menggunakan kombinasi BERTopic dan IndoSBERT. IndoSBERT digunakan dalam tahap embeddings BERTopic untuk menggantikan SBERT. Penelitian dilakukan dengan beberapa skenario nilai parameter UMAP, HDBSCAN dan CountVectorizer yang kemudian dievaluasi menggunakan topic coherence dan topic diversity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, skenario yang menghasilkan 7 topik memiliki nilai topic coherence dan topic diversity terbaik daripada skenario lainnya. 7 topik tersebut antara lain adalah evaluasi kualitas website, kepuasan pelanggan, tata kelola TI, segmentasi pelanggan, rancang bangun sistem informasi, sistem pendukung keputusan, dan manajemen risiko TI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riyantoni, Nur Hudariyantoni2772@gmail.com09020620037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhalid, Khalidkhalid@uinsby.ac.id197906092014031002
Thesis advisorNooriansyah, Subhansubhan.nooriansyah@uinsby.ac.id199012282020121010
Subjects: Tehnik Informatika
Informasi
Keywords: Topic modeling; sistem informasi; kombinasi bertopic; indosbert
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nur Huda Riyantoni
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:04
Last Modified: 11 Jun 2024 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70568

Actions (login required)

View Item View Item