Penerapan problem Posing dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suzetho, Salsabillah Shabina (2024) Penerapan problem Posing dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kreativitas matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabillah Shabina Suzetho_06040420070 OK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
Salsabillah Shabina Suzetho_06040420070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 July 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kreativitas matematika siswa dalam pengajuan masalah terbukti pada penelitian terdahulu bahwa indikator kreativitas matematika siswa belum terpenuhi secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini akan menerapkan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan guru, aktivitas siswa dan respons siswa pada penerapan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif dalam meningkatkan kreativitas matematika siswa. Selain itu, untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kreativitas matematika siswa sesudah diterapkan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diaplikasikan adalah one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas X-1 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya.Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik observasi, tes dan angket respons siswa. Data hasil pretest dan posttest kreativitas matematika siswa dalam pengajuan masalah dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Setelah itu dilakukan uji N-Gain untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kreativitas matematika siswa dalam pengajuan masalah. Kemampuan guru dalam menerapkan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif mempunyai mean keseluruhan sebesar 7,46 termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif mendapatkan mean keseluruhan sebesar 6,96 dengan kategori sangat baik. Respons siswa pada penerapan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif mendapat kategori sangat baik dengan nilai persentase 82,99%. Hasil penelitian menggunakan uji statistik non parametrik berupa uji Wilcoxon pada hasil pretest dan posttest kreativitas matematika siswa dalam pengajuan masalah menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif terhadap kreativitas matematika siswa terbukti pada nilai Asymp.Sig.(2-tailed) yang menunjukkan nilai <0,001 yang artinya <0,05yang berarti H_0 ditolak dan H_a diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kreativitas matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif. Peningkatan kreativitas matematika siswa setelah penerapan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif termasuk pada kategori sedang terbukti pada mean nilai N-Gain sebesar 0,4854. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa peneraparan model Problem Posing dengan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan kreativitas matematika siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suzetho, Salsabillah Shabinasalsabillahshabinasuzetho@gmail.com06040420070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Problem Posing; Pendekatan Metakognitif; Kreativitas Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Salsabillah Shabina Suzetho
Date Deposited: 20 Jul 2024 14:16
Last Modified: 20 Jul 2024 14:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71690

Actions (login required)

View Item View Item