Pengembangan modul pembelajaran berbasis etnomatematika untuk melatih kemampuan komunikasi matematika peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiah, Mila Wasiatur (2024) Pengembangan modul pembelajaran berbasis etnomatematika untuk melatih kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mila Wasiatur Rofiah_D74217057 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2027.

Download (7MB)
[img] Text
Mila Wasiatur Rofiah_D74217057.pdf

Download (7MB)

Abstract

Salah satu cara untuk melatih kemampuan komunikasi matematika peserta didik yaitu dengan mengembangkan sumber belajar seperti modul pembelajaran yang disusun secara sistematis bertujuan agar peserta didik dapat menggunakannya secara mandiri. Penelitian ini mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika untuk melatih kemampuan komunikasi matematika peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, kepraktisan modul pembelajaran matematika yang dikembangkan serta mengetahui kemampuan komunikasi matematika peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D. Modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika ini dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Analisys, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan sebagai proses pengembangan modul pembelajaran, Teknik validasi sebagai data kevalidan, Teknik respon siswa sebagai data kepraktisan secara praktik, Teknik tes sebagai data kemampuan komunikasi matematis siswa. Modul pembelajaran matematika yang dikembangkan pada materi pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP WIJAYA PUTRA sejumlah 27 peserta didik. Berdasarkan hasil proses pengembangan bisa disimpulkan bahwa pada tahap analisis, peserta didik masih kesulitan saat mengerjakan soal kemampuan komunikasi matematika. Pada tahap desain, dilakukan perancangan modul dan instrumen penelitian. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan modul melaui aplikasi canva dan corel draw kemudian divalidasi oleh validator. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba modul yang sudah dinyatakan layak oleh validator. Tahap terakhir ialah tahap evaluasi yaitu melakukan analisis data yang sudah diperoleh. Hasil validasi modul pembelajaran matematika ini masuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata total validitas (RTV) sebesar 3,98 oleh ketiga validator tapi penulis juga mendapatkan revisi terhadap modul yang dibuat terhadap masukan dari validator yaitu pada bagian kisi-kisi kemampuan komunikasi, isi dalam modul pembelajaran, serta soal-soal yang akan digunakan dalam post-test. Modul pembelajaran matematika juga dinyatakan praktis secara praktik. Praktis secara praktik mendapat nilai rata-rata sebesar 79,25%. Setelah menggunakan modul pembelajaran matematika, 13 peserta didik dikategorikan memiliki kemampuan komunikasi matematis sangat baik, 6 peserta didik dengan kategori baik, 4 peserta didik dengan kategori cukup, dan 4 peserta didik dengan kategori kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiah, Mila Wasiaturmilawasiaturr@gmail.comD74217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsa.ac.id2028098401
Subjects: Komunikasi
Matematika
Pengajaran
Keywords: Modul pembelajaran; etnomatematika; komunikasi matematika; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MILA WASIATUR ROFIAH
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:55
Last Modified: 15 Oct 2024 07:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74087

Actions (login required)

View Item View Item