This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ummah, Umrotul Khoiroh (2025) Pengaruh penggunaan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika materi satuan waktu kelas II MI Islamiyah Banjarsari Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunana Ampel Surabaya.
Text
Umrotul Khoiroh Ummah_D07219030 OK.pdf Download (3MB) |
|
Text
Umrotul Khoiroh Ummah_D07219030 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 20 January 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang yang ditemukan dalam lapangan seperti kurangnya minat peserta didik dalam pelajaran matematika, belum ditemukannya variasi media dalam pembelajaran matematika, serta masih banyaknya peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi satuan waktu di kelas II dengan menggunakan media papan pintar. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media papan pintar terhadap hasil belajar matematika materi satuan waktu kelas II.nelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian quasi experiment dan desain nonequivalent control group. Penelitian dilakukan pada kelas II MI Islamiyah Banjarsari Buduran Sidoarjo dengan menggunakan dua kelas sebagai data sampel. Kelas II A sebagai kelas eksperimen atau kelas yang diberikan perlakuan media papan pintar dan kelas II B sebagai kelas kontrol atau kelas yang tidak diberi perlakuan media papan pintar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes yang berbentuk pilihan ganda. Sebelum diberi perlakuan, peserta didik diberikan tes awal (pretest) kemudin diberi perlakuan media papan pintar untuk kelas eksperimen dan diberikan tes akhir (posttest). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media papan pintar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas II materi satuan waktu MI Islamiyah Banjarsari Buduran Sidoarjo. Dibuktikan dengan hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 63,85 dan kelas control sebesar 61,85. Sedangkan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,15 dan kelas control sebesar 77,04. Hasil uji N-Gain ternormalisasi menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,75 dan kelas kontrol sebesar 0,55. Hasil signifikan ditunjukkan oleh kelas eksperimen dengan selisih 02 untuk hasil pretest, selisih 9,11 untuk hasil posttest dan selisih 0,2 pada hasil Uji N gain.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media | ||||||||||||
Keywords: | Media Papan Pintar; Hasil Belajar Matematika; Satuan Waktu | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Umrotul Khoiroh Ummah | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2025 06:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:13 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76196 |
Actions (login required)
View Item |