PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG MELALUI MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VB MI AL MASYHUR KOTA PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bajuri, Akhmad (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG MELALUI MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VB MI AL MASYHUR KOTA PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi luas permukaan bangun ruang pada siswa kelas Vb MI Al Masyhur Kota Pasuruan tahun 2014.
Variabel yang menjadi sarana pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar matematika MI Al Masyhur Kota Pasuruan.
Bentuk Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan modal siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai populasi adalah siswa MI Al Masyhur Kota Pasuruan yang berjumlah 22 siswa. Tehnik pengumpulan data variable meningkatkan hasil belajar matematika, materi luas permukaan bangun ruang adalah wawancara, observasi dan test tertulis. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukan adanya penngkatan dibanding sebelum tindakan.
Sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 12 siswa atau 56,75 % dengan rata – rata 58,00. Tetapi pada siklus I siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 20 siswa atau 86,48 % dengan rata – rata 70,00, sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai diatas KKM mencapai 22 siswa atau 100 % dengan rata-rata 75,00.
Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran matematika dengan materi luas permukaan bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa MI Al Masyhur Kota Pasuruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Taufiq Subty
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bajuri, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar Matematika; Materi Luas Permukaan Bangun Ruang; Media Bangun Ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2015 03:24
Last Modified: 20 Feb 2015 03:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1001

Actions (login required)

View Item View Item