This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Veriyanti, Novi Eka (2012) Proses berpikir siswa SMP dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif di SMPN 1 Sekaran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
bab 6.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
proses berpikir adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh siswa dengan melibatkan aktivitas mental dalam menyelesaikan persoalan yang berhubungan dengan pemecahan masalah. Sedangkan gaya kognitif adalah karakteristik individu dalam penggunaan fungsi kognitif (berpikir, mengingat, memecahkan masalah, membuat keputusan, mengorganisasi, dan memproses informasi dan seterusnya) yang bersifat konsisten dan berlangsung lama. Gaya kognitif mempunyai potensi yang besar bilamana dimanfaatkan dalam upaya meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. Gaya kognitif dibedakan menjadi dua yaitu Field Independent (FI) dan gaya kognitif Field Dependent (FD). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan tetang proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok volume kubus dan balok.
Metode pengumulan data yang dilakukan adalah dengan cara tes GEFT, tes tulis dan wawancara. Data hasil tes tulis dianalisis berdasarkan karakteristik tipe proses berpikir. Berdasarkan gaya kognitifnya siswa dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok Field Independent dan kelompok Field Dependent, yang kemudian diambil 3 siswa dari kelompok Field Independent, dan 3 siswa dari kelompok Field Dependent untuk diberi soal tes proses berpikir dan kemudian diwawancara.
Dari hasil analisis data diperoleh untuk siswa dari kelompok Fied Independent dalam memecahkan masalah matematika berkategori tak sama yaitu siswa kelompok Field Independent dalam memecahkan masalah matematika cenderung proses berpikirnya tipe konseptual, sedangkan siswa kelompok Field Dependent dalam memecahkan masalah matematika lebih cenderung kearah proses berpikir komputasional. Mengingat pentingnya proses berpikir dalam memecahkan masalah matematika, hendaknya guru berusaha meningkatkan kemampuan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika, dengan menambahkan frekuensi pemberian soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah dalam kegiatan belajar mengajar, untuk melatih proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : A. Saepul Hamdani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Proses Berpikir; Gaya Kognitif; Pemecahan Masalah | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2012 | ||||||
Last Modified: | 25 Jan 2018 03:50 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10143 |
Actions (login required)
View Item |