STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING : STUDI ANALISIS KAJIAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hairi, Hairi (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB KUNING : STUDI ANALISIS KAJIAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA BATA PANAAN PALENGAAN PAMEKASAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Tesis ini membicarakan tentang Strategi Pembelajaran Kitab Kuning (Staudi Analisis Tentang Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata) .. Ada empat permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, yaitu; pertama, apa saja program pembelajaran kitab
kuning di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, kedua, bagaimana metode pembelajaran kitab kuning, ketiga, bagaimana strategi pembelajaran kitab kuning, keempat, sejauh mana tingkat keberhasilan pembelajaran kitab
kuning. Penelian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui interview, observasi, dan analisis dokumentasi. Informan atau subjek dari penelitian ini adalah pengurus, guru atau pembimbing
dan sebagian santri. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditemukan; pertama, program pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata ada dua macam, yaitu bersifat turun-temurun tidak mengalami perubahan dari
generasi ke generasi dan tidak bersifat turun-temurun yang merupakan programprogram inovasi dari pengelola sesuai perkembangan.
Strategi pembelajaran yang biasa digunakan antara lain; strategi pembelajaran kooperatif, strategi mastery learning, strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, dan strategi PAIKEM khususnya di Prakom dan
MAKTUBA. Sedangkan metodenya selain metode klasik seperti bandongan, sorogan, dan tuntunan, juga menggunakan metode-metode yang sesuai dengan perkembangan, antara lain diskusi, tanya jawab, dan demontrasi atau praktik.
Metode bandongan biasa digunakan dalam pembelajaran kitab yang bersifat umum di mushalla, sedangkan program-program pembelajaran di asrama pesantren menggunakan metode yang bervariasi. Keberhasilan pembelajaran ktab kuning di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, dari segi kuantitas atau dilihat dari jumlah santri yang masuk setiap tahun selalu meningkat bisa dikatakan berhasil. Dilihat dari prestasiprestasi yang dicapai dalam setiap lomba baca kitab kuning, baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun di tingkat nasional serta dilihat dari alumninya yang banyak diterima masuk perguruan tinggi berbasis kitab kuning, baik di dalam negeri maupun di luar negeri dari segi kualitas juga bisa dikatakan cukup berhasil

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ridlwan Nashir
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hairi, HairiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Kitab Kuning; Pamekasan; Strategi Pembelajaran; Pesantren
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2015 07:52
Last Modified: 22 Feb 2015 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item