This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Isya, Muhammad Andy (2014) DISPARITAS SUNNI DAN SYIAH DALAM PENDIDIKAN : STUDI FENOMENOLOGI LEMBAGA PENDIDIKAN SUNNI DAN SYIAH DI KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Disparitas antara Sunni dan Syiah sudah terjadi dari semenjak pertama kali lahirnya kedua ideologi tersebut. Dari disparitas inilah muncul konflik abadi antara Sunni dan Syiah, hingga masuk pada ranah-ranah strategis pembentukan moral anak, yakni pendidikan.
Pendidikan merupakan tempat strategis dalam pembentukan dan kaderisasi seorang anak. Pendidikan yang semula diharapkan menjadi pembentukan kepribadian anak yang bersifat netral, lebih sering ditunggangi dengan ideologi-ideologi tertentu sehingga kepribadian anak terbentuk dari pendidikan Islam yang sesuai dengan ideologi sebuah lembaga pendidikan.
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui sistem pendidikan Sunni dan Syiah, dan untuk mengetahui disparitas pendidikan Sunni dan Syiah di Kabupaten Pasuruan. Sebagai obyek penelitiannya PP. Darul Ihya Liulumiddin dan YAPI Bangil.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan perspektif fenomelogis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pendidikan turut andil dalam memoles dan mempercantik konflik antara Sunni dan Syiah. Konflik yang terjadi sudah masuk dalam ranah pendidikan. Pemahaman yang mendalam terhadap ajaran-ajaran kasih sayang antara sesama pemeluk agama Islam, ditunjang dengan kurikulum pendidikan Islam yang tidak berat sebelah dan pendidik yang tidak fanatisme buta, akan menjadi solusi terwujudnya perdamaian bagi kedua sekte
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Masdar Hilmy | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||
Keywords: | Sunni; Syiah; Pendidikan Sunni | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2015 08:32 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2015 08:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1030 |
Actions (login required)
View Item |