This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadilah, Wasilatul (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMA KHADIJAH SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, implentasi dan factor pendukung serta penghambat pendidikan moral siswa SMA Khadijah Surabaya.Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Konsep Pendidikan Moral dalam Membentuk Karakter Siswa SMA Khadijah Surabaya?. 2). Bagaimana Implementasi Pendidikan Moral dalam Membentuk karakter Siswa SMA Khadijah Surabaya?. 3). Apafaktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan moral dalam membentuk karaktersiswa SMA Khadijah Surabaya?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaituu untuk menemukan hasi lpenelitian yang valid danbermakna.Sedangkanmetode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis yang dilakukan adalah melalui beberapa tahap yaitu dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data danveruifikasi data.
Berangkat dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1). Konsep pendidikannya sangat baik dilihat dari muatan materi agamanya dikembangkan menjadi banyak macam seperti Aqidah Akhlak, Bahasa Arab, Sejarah, Kebudayaan Islam, Fiqih, Tartil, Matrikulasi, Aswaja dan Nahwu Shorrof. Menyampaikan materi dengan berbagaimacam metode yang strategis, efektif dan menyenangkan. Begitu juga proses pembudayaan moral yang baik melalui kebiasaan-kebiasaan, tauladan yang baik atau figur dari seorang Tokoh.Selain itu mengadakan pembiasaan shalat berjamaah di masjid Khadijah, membaca al-Qur’an bersama, membacaDo’a, kultimit, matrikulasi, kebiasaanmengaplikasikan SS (senyum, salam, sapa, sopan, santun), istighosah,tahlil, ziarahwali, ta’jildanbaktisosial. Selainituguru mengadakanberbagaimacamlangkah-langkah evaluasi seperti testulis, self-assessment, kuis, performance, demontrasi, tesuraian, observasi, portofolio, hafalan, praktek, unjukkerja, kerjasama, kreatifitas, sertapresentasi. 2). Pembentukan moral dilakukan di dalam kelasmaupun di luar kelas bahkan sampai dilakukan di luarsekolah. Anak didik diajak untuk mengetahui nilai-nilai moral dan dilatih berpikir kritis untuk menemukan suatu pembenaran dalam penalaran moralnya. Untuk menanamkan nilai-nilai moral perludi adakan kegiatan-kegiatan keagamaan rutinseperti, shalat berjamaah, shalat dhuha, berdo’a bersama, membaca al-Qur’an dan lain-lain. 3). Faktor pendukung yaitu dari guru, kepala sekolah serta karyawan, lingkungan yang kondusif, aman serta nyaman. Dan motivasidari orang tua, factor penghambat yaitu pelanggaran siswa, pengaruh pergaulan serta perbedaan paham keagamaan dan strategi serta evaluasi pembelajaran
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ali Mudhofir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||
Keywords: | Pendidikan Moral; Karakter Siswa; SMA Khadijah | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2015 10:13 | ||||||
Last Modified: | 22 Feb 2015 10:13 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1031 |
Actions (login required)
View Item |