Fa aliyyah Tathbiq likbu al Taklim Shoid al Qawaid li Tarqiyyah al Kafaah al Nahwiyyah fi Taklim al Lughah al Arabiyyah bi Madrasah Darul Ulum al Tsanawiyyah al Islamiyyah Banyu Anyar Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslikhah, Faridatul (2013) Fa aliyyah Tathbiq likbu al Taklim Shoid al Qawaid li Tarqiyyah al Kafaah al Nahwiyyah fi Taklim al Lughah al Arabiyyah bi Madrasah Darul Ulum al Tsanawiyyah al Islamiyyah Banyu Anyar Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Efektifitas penerapan permainan Berburu Gramatika untuk meningkatkan kemampuan nahwu di Madrasah Aliyah Darul Ulum Banyu Anyar, Pamekasan Madura
Metode yang lazim digunakan sebagian besar guru nahwu terbatas pada metode ceramah, sehingga kadang membuat siswa merasa bosan dalam kelas. Hal itu mengakibatkan siswa malas untuk mempelajari nahwu lebih lanjut karena minat mereka yang sangat minim sekali untuk mendalami nahwu. Minimnya minat untuk mempelajari nahwu, membuat siswa mempelajari bahasa arab terbatas pada pelafalan dan pemahaman akan arti dengan mengabaikan gramatika penulisan bahasa arab yang benar dan tepat. Atas dasar alasan ini peneliti atau penulis menerapkan metode baru dalam pembelajaran nahwu.
Berburu gramatika adalah sebuah metode permainan baru dalam pembelajaran nahwu. Melalui metode permainan ini, diharapkan dapat membantu memberikan solusi terkait permasalahan diatas. Dan mengurangi anggapan siswa bahwa pelajaran nahwu adalah pelajaran yang membosankan.
Setelah diterapkannya metode permainan pada pelajaran nahwu, terlihat antusias mereka ketika proses pembelajaran berlangsung. Minat memperdalam nahwu siswa juga meningkat. Hal ini peneliti ketahui dari observasi experiment, wawancara dan angket.
Setelah itu peneliti melakukan tes dilapangan dengan rumus t tes, dengan objek penelitian experiment group dan control group. Berdasarkan hasil penghitungan statistic diperoleh nilai t sama dengan 2,463 dan nilai t tabel untuk derajat kebebasan n1ditambah n2 dikurangi 2 sama dengan 38, dengan taraf signifikan 5 persen adalah 2,03
Jadi nilai t yang di yang diperoleh dari penghitungan lebih besar sama dengan nilai ttable. Oleh Karena itu perbedaan mean tidak signifikan. Artinya, tidak ada peningkatan kemampuan nahwu siswa kelas dua Madrasah Aliyah Daru Uum Banyu Anyar Pamekasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslikhah, FaridatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: permainan Berburu Gramatika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2013
Last Modified: 16 Apr 2015 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10465

Actions (login required)

View Item View Item