This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mardliyah, Mardliyah (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDLATUL ULAMA DARUL ULUM CANDIWATES PRIGEN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari rendahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil evaluasi dengan materi pelajaran perkalian, diperoleh data bahwa masih ada siswa yang belum tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60. Dari 34 siswa yang ada hanya 4 siswa atau 19% lainnya masih dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi SK : 3. Melakukan perkalian bagi siswa Kelas III MINU Darul Ulum Candiwates Prigen . Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 (dua) siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu : tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, tes dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar pada siswa Kelas III MINU Darul Ulum Candiwates Prigen pada mata pelajaran Matematika. Hal ini terlihat dengan adanya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran cukup tinggi serta peningkatan hasil belajar siswa baik pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada siklus I ketuntasan siswa 61,76% siswa kategori tinggi. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 88,2% siswa kategori tinggi. Sedangkan prestasi belajar terbukti dari data yang ada bahwa kondisi awal hanya mencapai rata-rata 70,29 siklus I dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 90.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga/media realia dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada SK : 3. Melakukan perkalian . Hasil penelitian ini diharapkan agar para guru dalam melaksanakan pembelajaran berusaha menciptakan kondisi yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dengan cara memilih metode, media dan alat peraga pembelajaran yang tepat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Zudan Rosyidi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | PTK; Media Realia; Peningkatan Hasil Belajar; Matematika Perkalian | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2015 02:58 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2015 02:58 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1052 |
Actions (login required)
View Item |