This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ratnasari, Nuraeni (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PKn MATERI LEMBAGA LEGISLATIF MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE THINK PARE SHARE SISWA KELAS VI MI. MIFTAHUL ULUM BAJANGAN SEMESTER I TAHUN AJARAN 2014/2015 PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa hasil belajar PKn siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan rendah. Hal ini disebabkan karena guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung tidak aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran PKn materi lembaga legislatif melalui metodek ooperatif tipe think pare share siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Pasuruan dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi lembaga legisatif siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Pasuruan melalui metode kooperatif tipe think pare share.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tempat penelitian dilakukan di MI Miftahu lUlum Bajangan Pasuruan kelas VI Semester I Tahun Ajaran 2014/2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran PKn materi lembaga legislatif melalui metode kooperatif tipe think pare share. Variabel terikatnya adalah peningkatan hasil belajar PKn materi lembaga legislatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran melalui metode kooperatif tipe think pare share dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi lembaga legislatif siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Pasuruan. Adapun hasil penelitian ini adalah hasil pre tes rata-rata 41,7 dengan persentase 17,65 meningkat menjadi 55,9 persentase 35,29 % pada siklus I dan 72,7 persentase 90,9 % pada siklus II. Penerapan metode kooperatif tipe think pare share dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi lembaga legislatif siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Bajangan Pasuruan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Amir Maliki Abitolkha | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Kooperatif Tipe Think Pare Share; PKn | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2015 03:06 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2015 03:06 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1055 |
Actions (login required)
View Item |