This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Farida, Yulianti (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) PADA SISWA KELAS III SD MAARIF YPM WONOCOLO TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Bab3.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
Bab4.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Bab5.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika materi keliling dan luas persegi panjang yang dilaksanakan di SD Maarif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo pada kelas III belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secara optimal. Siswa hanya diminta menghafalkan sebuah rumus tanpa menanamkan sebuah konsep dan mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari mereka Hal itulah yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menghitung keliling dan luas persegi panjang. Menanggapi hal tersebut, maka dengan menggunakan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD Maarif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo dalam menghitung keliling dan luas persegi panjang.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan pendekatan PMRI yang efektif dalam pengajaran menghitung keliling dan luas persegi panjang di SD Maarif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo? 2. Bagaimana peningkatan kemampuan menghitung keliling dan luas persegi panjang di SD Maarif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo dengan menggunakan pendekatan PMRI?.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif. Model PTK yang digunakan yaitu Kemmis dan Mc Taggart. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data kualiatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Taufik | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | Kemampuan Menghitung, Keliling dan Luas Persegi panjang, Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2015 07:55 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10593 |
Actions (login required)
View Item |