This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muhibbah, Zamrotul (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA STICK FIGURE PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM 2 PERENG WETAN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan materi yang harus dikuasai oleh siswa. Untuk itu diperlukan kemampuan menulis yang baik dan tepat dalam suatu karangan. Akan tetapi hasil observasi terhadap siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik menunjukkan bahwa hanya 17,6 persen siswa yang mampu menulis karangan dengan ejaan dan tanda baca yang tepat. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan menulis karangan siswa masih rendah yang disebabkan kurangnya media dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi tersebut peneliti terdorong untuk memperbaiki cara pembelajaran guru melalui penelitian tindakan kelas yang menggunakan media
stick figure.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum menggunakan media stick figure pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik, (2) Bagaimana penerapan media stick figure dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik, (3) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menggunakan media stick figure pada siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik.
Tindakan yang dipilih dalam menyelesaikan masalah dengan peningkatan kemampuan menulis karangan dalam PTK ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, aksi atau tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Miftahul Ulum 2 Pereng Wetan Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari hasil deskripsi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Kemampuan Menulis Karangan; Media Stick Figure | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2015 06:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10594 |
Actions (login required)
View Item |