This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriana, Nur Ida Ayu (2013) KORELASI ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (41kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi yang demikian pesat, terutama teknologi komunikasi membawa perubahan besar dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan dan pembelajaran. Jika waktu-waktu sebelumnya hubungan antara pendidik dengan peserta didik hanya berlangsung melalui tatap muka, dibatasi oleh
sekat ruang dan waktu, atau melalui media cetak, ternyata saat ini telah dapat dikembangkan melalui komunikasi online yang menembus sekat-sekat ruang dan waktu. Internet sebagai media komunikasi, maka sangat efektif digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran, karena pada dasarnya proses belajar mengajar adalah komunikasi dan transformasi informasi antara guru dan peserta didik. Proses belajar mengajar dikelas harus menuntut adanya motivasi dalam diri setiap siswa.
Keberadaan motivasi dalam proses belajar merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi seluruh aspek-aspek belajar dan pembelajaran. Siswa yang termotivasi akan menunjukkan minatnya untuk melakukan aktivitas-aktivitas belajar. Masalah yang akan dibahas dalam masalah ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbasis web di SMK Negeri 1 Surabaya 2) Bagaimana motivasi belajar PAI siswa di SMK Negeri 1 Surabaya 3) Adakah korelasi antara pembelajaran berbasis web dengan motivasi belajar PAI siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara pembelajaran berbasis web dengan motivasi belajar PAI siswa di SMK Negeri 1 Surabaya. Dengan sampel 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif analisis yang didukung dengan teknik-teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket yang berisi sejumlah pertanyaan tentang pembelajaran berbasis web dam motivasi belajar PAI siswa yang dibagikan kepada responden yaitu siswasiswi kelas X multimedia SMK Negeri 1 Surabaya, jawaban angket tersebut dihitung dengan rumus prosentase kemudian diolah dan dikelola secara diskriptif, selain itu pengumpulan data juga dilakukan dengan interviu kepada siswa. Kemudian setelah itu hasil angket tentang pembelajaran berbasis web dan motivasi belajar PAI siswa, lalu penulis menghitung dua variable tersebut dengan menggunakan product moment.
Hal ini untuk mengetahui korelasi kedua variable tersebut. Setelah penelitian ini dilakukan, maka penulis memperoleh hasil penelitian dengan angka korelasi sebesar 0.892 yang berarti terdapat korelasi positif dan tergolong korelasi tinggi. Yang terletak antara 0,70-0,90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa korelasi antara pembelajaran berbasis web dengan motivasi belajar PAI siswa di SMK Negeri 1 Surabaya termasuk korelasi tinggi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syaifuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Web; Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 19 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2015 08:06 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10669 |
Actions (login required)
View Item |