This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufarohah, Wahidatul (2016) Analisis kesalahan makna kata dalam karya tulis siswa kelas XI MAN Denanyar Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (932kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa dalam belajar bahasa arab. Dan pemilihan kata dalam menulis berpengaruh pada kalimat, karena pemahan pembaca terhadap tulisan berhubungan dengan kata yang digunakan. Oleh karena itu kesesuaian makna kata dengan konteks kalimat, kamus, dan susunan katanya dapat menambah kesempurnaan tulisan. Peneliti menemukan banyak kesalahan pada siswa kelas XI MAN Denanyar jombang yang kurang memperhatikan makna kata dalam kalimat. Analisis kesalahan adalah kegiatan untuk mengetahui kesalahan siswa agar memperoleh pembenaran. Yang dimaksud dengan analisis kesalahan dalam tataran semantic adalah Kesalahan berbahasa dalam tataran semantik yang berkaitan dengan bahasa tulis maupun bahasa lisan. Kesalahan berbahasa ini dapat terjadi pada tataran fonologi, morfologi, dan sintaksis. Kesalahan berbahasa dalam tataran semantik ini penekanannya pada penyimpangan makna.Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan makna kata pada karya tulis siswa kelas XI MAN Denanyar Jombang dan untuk mengetahui sebab-sebab kesalahan yang terjadi dalam siswa beserta pembenarannya. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan tes untuk mengumpulkan data karya tulis dari siswa dengan tema : MAN Denanyar Jombang sebanyak sepuluh baris dalam lembaran. Kesalahan makna kata dalam karya tulis siswa disebabkan: melebihkan morfem dan ketidak tahuan siswa akan kaidah yang sudah disepakati ahli bahasa. Dan sebab kesilapan pada siswa yaitu penggunaan kaidah yang kurang dan kesalahan dalam pengembangan. Adapun kesalahan lainnya dikarenakan guru bahasa Arab yang lebih menitik beratkan keterampilan kalam dibandingkan keterampilan kitabah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||
Keywords: | Kesalahan semantik; karya tulis; siswa | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mufarohah Wahidatul | ||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2016 02:58 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2019 06:41 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10691 |
Actions (login required)
View Item |