PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE REKA CERITA GAMBAR BAGI SISWA KELAS III A SD MA ARIF YPM WONOCOLO TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Wiwin (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE REKA CERITA GAMBAR BAGI SISWA KELAS III A SD MA ARIF YPM WONOCOLO TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang digunakan di Indonesia. Selain itu, bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar dunia pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, mata pelajaran bahasa Indonesia disajikan dalam kurikulum pendidikan dasar. Agar proses pembelajaran bahasa Indonesia pada kompetensi berbicara dapat berjalan efektif, maka digunakan metode reka cerita gambar. Alternatif ini sesuai dengan fenomena yang ditemukan oleh peneliti. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yakni: (1) Bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas III A SD Ma arif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia? (2) Bagaimana penerapan metode reka cerita gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III A SD Ma arif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia? (3) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III A SD Ma arif YPM Wonocolo Taman Sidoarjo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode reka cerita gambar?
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka digunakan rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk penemuan permasalahan tersebut dan menggunakan pendekatan kualitatif untuk pemerolehan hasil belajar, dan jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart, yaitu meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Jauharoti Alfin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, WiwinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? Ktrm ??
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran Bahasa Indonesia; Keterampilan Berbicara; Metode Reka Cerita Gambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2013
Last Modified: 07 Apr 2015 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10694

Actions (login required)

View Item View Item