This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Firdausi, Masita (2013) KOMUNIKASI EFEKTIF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI : STUDI KUALITATIF DI PAUD AZ-ZAHRA PRESCHOOL GRIYA PERMATA GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini di lembaga PAUD Az-Zahra Preschool Griya Permata Gedangan Sidoarjo? (2) apa metode pembelajaran yang digunakan dalam proses komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini?
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang berguna untuk memberikan deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai pelaksanaan komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini dan metode yang digunakan dalam proses komunikasinya.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Dalam pelaksanaan komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini, pada lembaga PAUD Az-Zahra Preschool dilaksanakan dengan terlebih dahulu merencanakan program-program pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya.
Kegiatan pembelajaran tertata dalam urutan yang jelas dari penataan lingkungan main sampai pada pemberian pijakan-pijakan (scaffolding). Setiap tahap perkembangan bermain anak dirumuskan secara jelas, sehingga dapat menjadi acuan bagi pendidik melakukan penilaian perkembangan. (2) Metode bermain sambil belajar adalah metode yang paling tepat digunakan pada pendidikan anak usia dini (PAUD) karena Pengalaman bermain yang menyenangkan dapat merangsang perkembangan anak baik secara fisik, emosi, kognisi, maupun sosial.
BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau yang biasa disebut dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran dianggap paling ideal diterapkan pada PAUD karena tidak memerlukan peralatan yang banyak tetapi kecerdasan anak tetap bisa dioptimalkan. BCCT mampu merangsang seluruh aspek kecerdasan anak melalui bermain yang terarah. Setting pembelajarannya mampu merangsang anak saling aktif, kreatif dan terus berpikir dengan menggali pengalamannya sendiri.
Dari uraian hasil penelitian yang ditemukan di atas menyimpulkan bahwa komunikasi efektif pada pendidikan anak usia dini dapat dicapai melalui perencanaan program pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya serta menggunakan metode bermain sambil belajar yaitu metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau pendekatan sentra dan saat lingkaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ali Nurdin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Komunikasi Islam > Komunikasi Pendidikan > Anak |
||||||
Keywords: | Komunikasi Efektif; Pelaksanaan; Metode; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2013 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2015 09:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10749 |
Actions (login required)
View Item |