This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Irmawati, Nani (2013) PENINGKATAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS JENIS DOWN SYNDROM YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN DI SHAFA EDUCATION CENTRE MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (791kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perkembangan bahasa pada anak berkebutuhan khusus jenis down syndrom yang mengalami keterlambatan bicara di Shafa Education Centre Mojokerto (2) Bagaimana program pendampingan pada anak berkebutuhan khusus di Shafa Education Centre (3) Bagaimana peningkatan perkembangan bahasa pada anak berkebutuhan khusus jenis down syndrom yang mengalami keterlambatan bicara melalui program
pendampingan di Shafa Education Centre Mojokerto.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa pada anak berkebutuhan khusus jenis down syndrom yang mengalami keterlambatan bicara, untuk mengetahui program pendampingan pada anak berkebutuhan khusus dan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa pada anak berkebutuhan khusus jenis down syndrom yang mengalami keterlambatan bicara melalui program pendampingan di Shafa Education Centre Mojokerto.
Untuk menjawab permasalahan tersebut secara menyeluruh dan mendalam dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai gambaran program pendampingan dalam meningkatkan perkembangan bahasa pada anak tersebut. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview, dokumentasi dan catatan lapangan kemudian data tersebut di analisis.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa beberapa hal positif dari pendampingan yang dilaksanakan di Shafa Education Centre adalah mereka dapat berinteraksi dengan orang di sekitarnya (berkomunikasi dengan bahasa terbatas tapi meningkat). Dalam pengucapan kata, mereka cukup jelas tetapi masih kurang sempurna. Akan tetapi, apabila ditatah maka mereka dapat mengucapkan kata dengan baik dan benar. Hal ini merupakan kemajuan positif. Dukungan dari orang tua dan penerimaan positif dari lingkungan sekitar memberikan energi positif terhadap mereka.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mukhoiyaroh | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Perkembangan Bahasa; Anak Berkebutuhan Khusus; Down Syndrom | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 20 Apr 2015 08:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10844 |
Actions (login required)
View Item |