This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Holyyah, Wardatul (2013) PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN GUBENG III-206 SURABYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Bab3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab4.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab5.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (36kB) | Preview |
Abstract
Peneliti ini dilakukan berdasarkan hasil proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPA pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan yang dilakukan oleh guru. Dimana masih ada 9 peserta didik dari 29 peserta didik yang kurang memenuhi Kritreria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolahan yaitu 75, dikarenakan peserta didik terlihat kurang aktif dan kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran IPA dikelas. Peserta didik masih banyak yang mengobrol sendiri dengan teman sebangkunya, tidak memperhatikan guru yang ada di dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Maka
dari itu perlu diterapkan pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif, dimana akan memudahkan seorang guru dalam proses belajar mengajar, yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri yang dilaksanakan pada dua siklus.
Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan kelas IV SDN Gubeng III-206 Surabaya? (2)Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan kelas IV SDN Gubeng III-206 Surabaya dengan strategi pembelajaran inkuiri ?
Peneliti ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti ini menggunakan model PTK yang dikembangkan oleh kemmis dan taggart yang dalam siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan di kelas IV berjalan dengan baik, dibuktikan dengan hasil lembar observasi guru pada siklus 1 sebesar 68 % dan pada siklus II sebesar 92% dan hasil observasi siswa pada siklus 1 sebesar 68,4% dan pada siklus II sebesar 93%. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa ini dibuktikan dengan perolehan prosentase pada siklus 1 sebesar 72,4 % dan hasil prosentase pada siklus II sebesar 96,5%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Chairati Saleh | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pengajaran | ||||||
Keywords: | Hasil Belajar, Metode Inquiry | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2015 07:12 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10911 |
Actions (login required)
View Item |