This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kurniawati, Eva (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ASMAUL HUSNA MELALUI MEDIA CROSSWORD PUZZLE SISWA KELAS II SEMESTER II MI MIFTAHUL ULUM KEC. PESANTREN KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Penelitian yang berjudul Peningkatan Prestasi Belajar Asmaul Husna melalui Media Crossword Puzzle Siswa Kelas II Semester II MI Miftahul Ulum Kec. Pesantren Kota Kediri ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar
asmaul husna siswa kelas II semester II MI Miftahul Ulum.
Subjek penelitian adalah siswa kelas II dengan jumlah 23 peserta didik. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Untuk meningkatkan prestasi
belajar peserta didik pada materi asmaul husna, peneliti mengambil tindakan dengan menggunakan media crossword puzzle yang dilakukan dengan dua siklus.
Model PTK yang dilakukan yaitu model Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat langkah, yaitu: Perencanaan (Planning), Tindakan (Acting), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan dan tes. Adapun data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengunakan rumus nilai rata-
rata dan presentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pembelajaran asmaul husna dengan menggunakan media crossword puzzle mempunyai pengaruh yang baik melalui perbaikan – perbaikan pada tiap siklus. Dalam kegiatan pembelajaran dapat dilihat Prestasi belajar peserta didik terhadap materi asmaul husna meningkat dari nilai rata-rata kelas siklus I 74,34 dan siklus II 86,08 dengan ketuntasan belajar meningkat Siklus I 52,17% dan Siklus II 91,30%. Sedangkan aktifitas guru dan peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktifitas guru meningkat dari skor pada siklus I 63,3% dan pada siklus II menjadi 88,33%. Aktifitas peserta didik meningkat dari skor pada siklus I 55% dan pada siklus II menjadi 87,5%. Dengan demikian hasil penelitian di MI
Miftahul Ulum telah mencapai ketuntasan belajar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbin : Suparto | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar | ||||||
Keywords: | Prestasi belajar; media crossword puzzle | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 20 Apr 2015 01:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10916 |
Actions (login required)
View Item |