KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS IV SDN TLONTORAJA 04 PASEAN MELALUI PEMBELAJARAN DUTI-DUTA (TWO STAY TWO STRAY)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hernilawati, Hernilawati (2013) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS IV SDN TLONTORAJA 04 PASEAN MELALUI PEMBELAJARAN DUTI-DUTA (TWO STAY TWO STRAY). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab6.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Permendiknas No.22 menjelaskan bahwa matematika bertujuan agar siswa dapat mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, table, atau diagram untuk memperjelas keadaan atau masalah. Sehingga komunikasi dalam pembelajaran matematika perlu diberikan agar siswa dapat menyampaikan idenya. Melalui pembelajaran duti-duta (two stay two stray) diharapkan siswa mampu mengkomunikasikan matematika dalam menyelesaika soal cerita.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN Tlontoraja 04 Pasean melalui pembelajaran duti-duta (two stay two stray). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tlontoraja 04 Pasean yang terdiri dari 12 siswa yang di ambil secara acak, dan untuk wawancara dilihat dari hasil tes tulisnya.
Hasil penelitian sebagai berikut: yakni Subjek yang berinisial S2, S3, S9, dan S10 memenuhi semua indikator komunikasi matematika dengan melihat pada sistematika dan keterincian dalam melakukan penyelesaian soal cerita, yaitu dengan cara yang paling mudah dan melaksanakan penyelesaian dengan langkah-langkah yang benar dan jelas. Sedangkan subjek yang berinisial S1, S5, S6, S8 dan S7 hampir memenuhi semua indikator komunikasi matematika dalam melakukan penyelesaian soal cerita, yakni melaksanakan penyelesaian dengan langkah-langkah yang benar tapi kurang jelas. Lain halnya dengan subjek yang berinisial S4, S11 dan S12 tidak memenuhi semua indikator komunikasi matematika dan melakukan penyelesaian dengan langkah-langkah yang salah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Yuni Arrifadhah, M.Pd
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hernilawati, HernilawatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: komunikasi matematika, pembelajaran duti-duta (two stay two stray)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 16 Apr 2015 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10935

Actions (login required)

View Item View Item