This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hernilawati, Hernilawati (2013) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN PADA SISWA KELAS IV SDN TLONTORAJA 04 PASEAN MELALUI PEMBELAJARAN DUTI-DUTA (TWO STAY TWO STRAY). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (867kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab3.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Bab4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab6.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (842kB) | Preview |
Abstract
Permendiknas No.22 menjelaskan bahwa matematika bertujuan agar siswa dapat mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, table, atau diagram untuk memperjelas keadaan atau masalah. Sehingga komunikasi dalam pembelajaran matematika perlu diberikan agar siswa dapat menyampaikan idenya. Melalui pembelajaran duti-duta (two stay two stray) diharapkan siswa mampu mengkomunikasikan matematika dalam menyelesaika soal cerita.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan operasi hitung campuran pada siswa kelas IV SDN Tlontoraja 04 Pasean melalui pembelajaran duti-duta (two stay two stray). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Tlontoraja 04 Pasean yang terdiri dari 12 siswa yang di ambil secara acak, dan untuk wawancara dilihat dari hasil tes tulisnya.
Hasil penelitian sebagai berikut: yakni Subjek yang berinisial S2, S3, S9, dan S10 memenuhi semua indikator komunikasi matematika dengan melihat pada sistematika dan keterincian dalam melakukan penyelesaian soal cerita, yaitu dengan cara yang paling mudah dan melaksanakan penyelesaian dengan langkah-langkah yang benar dan jelas. Sedangkan subjek yang berinisial S1, S5, S6, S8 dan S7 hampir memenuhi semua indikator komunikasi matematika dalam melakukan penyelesaian soal cerita, yakni melaksanakan penyelesaian dengan langkah-langkah yang benar tapi kurang jelas. Lain halnya dengan subjek yang berinisial S4, S11 dan S12 tidak memenuhi semua indikator komunikasi matematika dan melakukan penyelesaian dengan langkah-langkah yang salah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Yuni Arrifadhah, M.Pd | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||
Keywords: | komunikasi matematika, pembelajaran duti-duta (two stay two stray) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2015 07:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10935 |
Actions (login required)
View Item |