PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP YPM 4 BOHAR SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Ulul (2013) PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP YPM 4 BOHAR SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Program Studi Pendidikan Matematika Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Kemampuan penalaran matematika adalah kemampuan dalam menarik kesimpulan melalui langkah-langkah formal yang didukung oleh argumen matematis berdasarkan pernyataan yang diketahui benar atau yang telah diasumsikan kebenarannya. Kemampuan penalaran dapat dilihat dari hasil tes siswa dalam mengerjakan soal-soal tipe penalaran yang dibuat berdasarkan indikator penalaran matematika. Indikator penalaran dalam penelitian adalah melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan dari pernyataan, memberikan alasan atau bukti terhadap satu atau beberapa solusi, dan memeriksa kesahihan suatu argumen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika kelas VIII SMP YPM 4 Bohar dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan garis lurus.
Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa yang terdiri dari masing-masing 2 siswa dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah.
Pengelompokan tersebut didasarkan pada nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan soal tes penalaran sebanyak 4 soal uraian kepada 6 subyek penalitian tersebut. Setelah itu, dilakukan wawancara kepada setiap subyek.
Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa siswa kelas VIII SMP YPM 4 Bohar Sidoarjo tergolong kurang dalam kemampuan melakukan manipulasi matematika, tergolong baik dalam menarik kesimpulan dari pernyataan, tergolong baik dalam memberikan alasan atau bukti terhadap satu atau beberapa solusi, dan tergolong baik dalam kemampuan memeriksa kesahihan suatu argumen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yuni Arrifadah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, UlulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? Gl ??
Matematika
Keywords: Penalaran Matematika; Masalah Matematika; Persamaan Garis Lurus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10940

Actions (login required)

View Item View Item