This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Almukaromiyah, Almukaromiyah (2013) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH INKLUSI (MUTARA BUNDA) DITINJAU DARI BNSP. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (949kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (950kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (528kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, hak anak untuk memperoleh pendidikan dijamin penuh tanpa adanya deskriminasi termasuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Adapun pendidikan yang mengikutsertakan siswa berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan siswa normal dapat ditemui dalam konsep pendidikan inklusi. SD Mutiara Bunda merupakan salah satu sekolah yang menerapkan konsep pendidikan inklusi, yang mana dalam proses pembelajarannya didesain agar siswa berkebutuhan khusus maupun siswa normal dapat belajar bersama dengan baik. Dari pemaparan sebelumnya, timbul pertanyaan apakah pembelajaran matematika di SD Mutiara Bunda sudah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang dikeluarkan oleh BSNP. Untuk menjawab pertanyaan tersebut diadakanlah penelitian tentang pembelajaran matematika yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data mengikuti konsep miles dan huberman. Untuk mengetahui keterlaksanaan standar proses dan standar penilaian dalam pembelajaran matematika yang dibuat oleh BSNP digunakan format check lish dengan skala prosentasi.
Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperolah data sebagai berikut: perencanaan pembelajaran di SD Mutiara Bunda sudah baik dengan prosentase 81,9%. Pelaksanaan pembelajaran di SD Mutiara Bunda juga terpenuhi dengan baik yakni 83,1%. Penilaian pembelajaran di SD Mutiara Bunda sangat baik dengan prosentase 93,1%. Sehingga secara umum dapat penulis simpulkan bahwasanya perencanaan dan pelaksanan pembelajaran matematika di SD Mutiara Bunda terpenuhi dengan baik, sedangkan penilaian pembelajaran matematika di SD Mutiara Bunda terpenuhi dengan sangat baik jika ditinjau dari standar BSNP.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Maunah Setyawati | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Sekolah Inklusi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 07 Apr 2015 02:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10941 |
Actions (login required)
View Item |