This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zulfa, Indana (2013) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII MTS HASYIM ASYARI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) letak miskonsepsi siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Certainty of Response Index (CRI), (2) faktor-faktor yang dapat menyebabkan miskonsepsi siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-B MTs Hasyim Asyari dengan menggunakan metode tes dan wawancara.
Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Sebagai alat pengumpul data telah digunakan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda beralasan yang disertai skala CRI sebanyak 5 soal. Siswa dalam menjawab soal diminta untuk memilih pilihan jawaban yang ada, serta diminta untuk membubuhkan nilai CRI (0-5) yang besarnya sesuai dengan tingkat kepercayaannya dalam menjawab soal-soal tersebut. Seorang siswa dapat dinyatakan mengalami miskonsepsi atau tidak tahu konsep dengan cara membandingkan benar tidaknya jawaban pertanyaan yang diberikan dengan nilai CRI yang diisi siswa. Tepat tidaknya penganalisisan miskonsepsi siswa sangat bergantung kepada kejujuran siswa dalam mengisi skala CRI pada setiap soal.
Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) letak miskonsepsi yang dialami siswa meliputi: kekurangan pengetahuan (a lack of knowledge), menjawab benar dengan menebak (luck guess), miskonsepsi dan menguasai konsep dengan baik, (2) faktor menyebabkan miskonsepsi siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel meliputi: kurangnya siswa latihan soal mengenai materi yang diajarkan untuk dapat mengembangkan pengetahuannya. Siswa kurang mengerti makna kata-kata, simbol-simbol dan istilah-istilah dalam soal.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Kusaeri, M.Pd. | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Materi Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), SPLDV | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 08 Apr 2015 03:08 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10943 |
Actions (login required)
View Item |