This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Marufah, Abidatul (2013) PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
bab6.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (286kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman tentang manfaat matematika dalam kehidupan sangat berperan penting untuk memotivasi siswa mempelajari matematika. Pembelajaran awal matematika lebih tepat jika memanfaatkan lingkungan yang dekat dengan kehidupan siswa. Masalah matematika merupakan soal matematika yang tidak rutin bagi siswa dan disajikan dalam bentuk soal cerita. Masalah matematika dapat melatih siswa dalam menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh ke dalam masalah yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan tujuan mengungkap profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan Adversity Quotient. Siswa diberikan angket ARP dan diminta untuk mengisi angket tersebut sesuai petunjuk yang diberikan. ARP (Adversity Response Profile) untuk mengklasifikasikan siswa ke dalam kategori climber, camper dan quitter. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Bahrul Ulum Mojokerto sebanyak 6 siswa yaitu 2 siswa climber, 2 siswa camper, 2 siswa quitter. Kemudian siswa diberikan lembar tugas dengan soal cerita. Sambil mengerjakan soal dilakukan wawancara dengan subjek penelitian, wawancara dilakukan untuk mengetahui profil kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana penyelesaian siswa climber termasuk baik, sedangkan kemampuan untuk melihat kembali penyelesaian termasuk cukup. Kemampuan memahami masalah pada siswa camper termasuk baik, sedangkan kemampuan merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana penyelesaian termasuk baik dan untuk kemampuan melihat kembali penyelesaian termasuk kurang. Kemampuan memahami masalah untuk siswa quitter termasuk baik, sedangkan kemampuan merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana penyelesaian termasuk cukup dan untuk kemampuan melihat kembali penyelesaian termasuk kurang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ahmad Lubab | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika | ||||||
Keywords: | Profil kemampuan menyelesaiakan masalah; Masalah matematika; Adversity Quotient | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2015 05:35 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10944 |
Actions (login required)
View Item |