This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Elmikasari, Nurma (2013) PROFIL KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 35 SURABAYA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
Bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab6.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (512kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui profil kecerdasan logis matematis siswa SMP Negeri 35 Surabaya kelas VIII yang memiliki kemampuan matematika tinggi; (2) Mengetahui profil kecerdasan logis matematis siswa SMP Negeri 35 Surabaya kelas VIII yang memiliki kemampuan matematika sedang; (3) Mengetahui profil kecerdasan logis matematis siswa SMP Negeri 35 Surabaya kelas VIII yang memiliki kemampuan matematika rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian jenis ini hanya menggambarkan kecerdasan logis matematis siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Surabaya. Sampel penelitian dipilih secara random sederhana dengan cara undian kelas. Dari undian kelas di dapat kelas VIII-I yang terdiri dari 39 siswa. Subjek dipilih 9 siswa dari 39 siswa. Kesembilan subjek mewakili siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pemilihan subjek didasarkan pada hasil belajar matematika selama semester I dan II dan informasi guru matematika tentang kemampuan matematika siswa. Data penelitian diperoleh dari dokumentasi (hasil belajar matematika semester I dan II), tes psikodiagnostic IST, angket persepsi kecerdasan logis matematis siswa, dan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profil kecerdasan logis matematis siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, umumnya menyukai mata pelajaran matematika. Mereka memiliki kemampuan berhitung yang baik, cepat, di luar kepala dan benar, serta mampu melakukan eksperimentasi terkendali dalam menyelesaikan masalah matematika; (2) Profil kecerdasan logis matematis siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, umumnya kurang suka mata pelajaran matematika. Tetapi mempunyai kemampuan berhitung yang baik dan benar, serta mampu melakukan eksperimentasi terkendali dalam menyelesaikan masalah matematika; dan (3) Profil kecerdasan logis matematis siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah, umumnya tidak menyukai mata pelajaran matematika karena baginya matematika itu sulit dipahami. Kemampuan berhitung lumayan bisa, tetapi membutuhkan waktu lama untuk menghitung angka yang dioperasikan terutama dalam pembagian dan perkalian, kesulitan dalam melakukan eksperimentasi terkendali untuk menyelesaikan masalah matematika.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Kusaeri, M. Pd | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | profil, kecerdasan logis matematis, hasil belajar matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2014 | ||||||
Last Modified: | 10 Apr 2015 06:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10946 |
Actions (login required)
View Item |