This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Romlah, Siti (2014) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PENINGGALAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM SISWA KELAS V MI. DARUL ULUM GONDANGWETAN KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS di Siswa Kelas V MI. Darul Ulum Gondangwetan Kabupaten Pasuruan, didapatkan fakta bahwa guru tidak pernah menggunakan media gambar pada saat pembelajaran IPS materi Peninggalan sejarah Hindu, Budha, dan Islam, pada umumnya hanya menggunakan metode ceramah. Hal tersebut dapat menyebabkan siswa kurang mampu memahami konsep yang diberikan oleh guru sehingga motivasi belajar IPS siswa rendah.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah peninggalan Hindu, Budha Islam siswa Kelas V MI. Darul Ulum Gondangwetan Kabupaten Pasuruan?”. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar siswa Kelas V MI. Darul Ulum Gondangwetan Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tempat penelitian dilakukan di MI Darul Ulum Gondangwetan Kabupaten Pasuruan Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan hasil tes.
Teknik analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif, yaitu teknik analisis hasil pembelajaran siklus II dengan cara membandingkan antara hasil belajar pada kondisi awal dengan hasil belajar siklus I dan hasil belajar siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan media gambar dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah peninggalan Hindu, Budha Islam siswa Kelas V MI. Darul Ulum Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Hal ini terbukti adanya peningkatan persentase rata-rata motivasi belajar sebesar 62,19% dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat menjadi 79,10% pada siklus II dengan kategori baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Jauharoti Alfin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan > Media Sejarah |
||||||
Keywords: | Motivasi Belajar; Media Gambar; Pembelajaran Sejarah Peninggalan Hindu-Budha dan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2015 01:57 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2015 01:57 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1100 |
Actions (login required)
View Item |