This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nafisah, Siti (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS II MI. MIFTAHUL ULUM GONDANGREJO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penyebab rendahnya hasil belajar IPA yaitu dalam penyampaian pelajaran IPA hanya menggunakan metode ceramah yang mungkin dianggap para guru adalah metode paling praktis, mudah, dan efisien dilaksanakan tanpa persiapan. Dari 14 siswa yang mendapat nilai tuntas hanya 7 siswa (50%) dan 7 siswa (50%) mendapat nilai belum tuntas dengan KKM 70. Nilai rata-rata ulangan tes 67,85. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pendekatan Contextual Teaching and Leearning dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II MI Miftahul Ulum Gondangrejo semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Evaluasi atau Observasi, 4) Refleksi. variabel bebas adalah hasil belajar IPA siswa kelas II MI. Miftahul Ulum Gondangrejo Kec. Gondangwetan Kab Pasuruan. variabel bebas yang berupa pelaksanaan pendekatan Contextual Teaching And Learning. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, metode tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II MI. Miftahul Ulum Gondangrejo Kec. Gondangwetan Kab Pasuruan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang pada kondisi awal tingkat
ketuntasan 50%, pada siklus I naik menjadi 71,43%, dan pada siklus II naik menjadi
100%. Selain itu, nilai rata-rata siswa juga mengalami kenaikan yaitu pada kondisi
awal 67,85, siklus I menjadi 73,92, dan pada siklus II menjadi 80
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abd. Kadir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar; Bagian-Bagian Tumbuhan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2015 02:04 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2015 02:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1103 |
Actions (login required)
View Item |