This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Inayati, Choiriyatul (2013) PENGENALAN KEAGAMAAN ANAK MELALUI PEMBELAJARAN FLORA DAN FAUNA DI SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dirancang dengan tujuan untuk mengungkapkan dan mengetahui pengenalan keagamaan anak melalui pembelajaran flora dan fauna di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mengacu pada gambaran tentang pembelajaran yang diterapkan dengan sebenar-benarnya.
Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumber data penelitian diperoleh dari kepala SD SAIMS dan wakil kepala sekolah, serta ustad-ustadah kelas satu sampai kelas lima. Analisis data yang digunakan adalah analisis lapangan dan analisis sesudah pengumpulan data.
Bagaimana pengenalan keagamaan anak kelas satu sampai kelas lima SD, melalui proses pembelajaran Flora dan Fauna di Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya? Metode Pembelajaran menggunakan alam sebagai media belajar anak. Sesuai dengan tahapan perkembangan keagamaan anak sekolah dasar adalah The Realistic Stage (tingkat kenyataan). Sedangkan, dalam pembelajaran akan terlihat perbedaan setelah mendapatkan pembelajaran melalui proses perubahan sikap dari tak menerima menjadi sikap menerima berlangsung melalui tiga tahap perubahan sikap. Proses pertama adalah perhatian, kedua, pemahaman, dan ketiga, penerimaan.
Pembelajaran yang digunakan adalah dengan memberikan pengenalan tentang agama melalui pengalaman langsung atau mengikut sertakan anak dalam pembelajaran flora dan fauna. Penyajian pembelajaran secara nyata lalu di sisipkan pengetahuan keagamaan akan membuat anak lebih muda menyerap pelajaran menimbulkan perhatian yang cukup besar oleh anak dan dapat mengubah anak dalam bertingkah laku.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Sjahudi Sirodj | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Metode | ||||||
Keywords: | Pengenalan Keagamaan Anak; | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 20 Apr 2015 08:14 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11041 |
Actions (login required)
View Item |