This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Supriatiningsih, Supriatiningsih (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PERUBAHAN SIFAT BENDA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM GONDANGWETAN DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan erat dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran IPA kurang efektif karena pembelajaran masih terpusat pada guru dan siswa cenderung pasif sehingga hasil belajar siswa masih rendah.Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III di MI Darul Ulum adalah melalui pembelajaran kooperatif (Cooperatif Learning). Dalam pembelajaran kooperatif ada beberapa variasi yang dapat di terapkan , yaitu diantaranya Student Team Achivement Division (STAD).
Berdasarkan pengamatan langsung di kelas III MI Darul Ulum
Gondangwetan, peneliti menemukan data hasil belajar siswa pada materi IPA tentang "Sifat-sifat Benda", ternyata 20 siswa dari 32 jumlah siswa kelas III masih salah dalam mengidentifikasi perubahan sifat pada benda. Kemampuan hasil belajar atau hasil ulangan harian siswa sebanyak 20 siswa (62%) mendapat nilai <70 sedangkan 12 siswa (38%) mendapat nilai ≥70. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Darul Ulum Gondangwetan setelah menggunakan pendekatan kooperatif learning tipe STAD. Penelitian ini difokuskan pada tindakan penggunaan pendekatan pembelajaran kooperatif learning tipe STAD sebagai usaha untuk meningkatkan pembelajaran IPA khususnya pemahaman siswa tentang perubahan sifat pada benda. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, soal tes, LKS dan RPP. Siswa dikatakan tuntas belajarnya apabila mempunyai daya serap ≥ 70, sedangkan ketuntasan belajar klasikal jika ≥ 85% siswa di dalam kelas mencapai daya serap ≥ 70 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pendekatan cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas III MI Darul Ulum Gondangwetan yaitu dari rata-rata hasil belajar pra siklus 61,6, sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus I pertemuan I 63,9 menjadi 68,7 pada pertemuan II dan siklus II pertemuan I 76,8 meningkat lagi ketika siklus II pertemuan ke II yaitu 81,09. Pembelajaran kooperatif lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar dibanding dengan pengalaman-pengalaman belajar individual.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abd. Kadir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam; Perubahan Sifat Benda; Pendekatan Kooperatif Learning Tipe Student Team Achivement Division (STAD) | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2015 02:15 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2015 02:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1105 |
Actions (login required)
View Item |