This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Tsalits, Farah Shofa (2013) EFEKTIVITAS METODE STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode storytelling dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD Wachid Hasjim 2 Surabaya, yang terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan ekperimental, rancangan yang akan diterapkan dalam penelitian eksperimen ini adalah true experiment. Dengan desain pretest postest dengan kelompok kontrol (pretest-postest with control group).
Instrumen pengumpul data melalui observasi dan tes pemahaman IPA. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) pada program SPSS 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian ini, mean score veriabel pemahaman siswa pada kelompok eksperimen tingkat keefektifannya lebih besar daripada mean score variabel pemahaman siswa pada kelompok kontrol. Hal ini di lihat dari perbandingan preetes dan postes pada masing-masing kelompok. Hasil mean score preetest postes kelompok eksperimen adalah dari 79,1 ke 93,0. Sedangkan hasil mean score preetest postest pada kelompok kontrol adalah dari 94,0 ke 94,5. Jadi selisih hasil preetest postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu (13,9 0,5). Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test) terlihat dari hasil posttest yang diperoleh taraf signifikasi (0.011 0.05). Karena signifikansi 0,05, maka terdapat perbedaan antara preetest dan postest pada kelompok eksperimen. Menunjukkan bahwa Metode storytelling efektif dalam meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Abdul Muhid | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Metode Storytelling; Pemahaman Siswa, IPA | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2014 | ||||||
Last Modified: | 07 Apr 2015 03:20 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11055 |
Actions (login required)
View Item |