PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUL ULUM MEDAENG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Nurisma Fauziyatun (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (SPBM) PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI DARUL ULUM MEDAENG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya pada Hasil Belajar dengan materi Perubahan sifat Benda siswa kurang memenuhi Kritreria Ketuntasan Minimal (KKM) dikarenakan semangat belajar siswa kurang, hanya mengacu pada buku paket, siswa tidak diaktifkan dalam proses pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang tidak efektif dan variatif, dan kurangnya sarana belajar. Dengan penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) guru dapat menggali pengetahuan siswa untuk membentuk konsep-konsep kearah pemahaman dan pembelajaran yang lebih baik, saat terjadi pembentukan konsep, siswa memerlukan benda konkrit untuk bereksperimen dan menemukan ide-ide baru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meingkatkan Hasil Belajar yang sesuai dengan KKM.
Rumusan masalah pada penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada siswa MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo?(2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa MI Darul Ulum setelah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada siswa MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo?. Tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada siswa MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa MI Darul Ulum setelah penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) pada siswa MI Darul Ulum Medaeng Sidoarjo....

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Chairati Saleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Nurisma FauziyatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Hasil Belajar; IPA; Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah; SPBM;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2014
Last Modified: 31 Mar 2015 10:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11125

Actions (login required)

View Item View Item